Bakal Wajibkan Paskibra di Sekolah Lewat Pergub, Ridwan Kamil: Keteladanan Perlu Ditingkatkan

Selasa, 22 Agustus 2023 - 12:56 WIB
loading...
Bakal Wajibkan Paskibra di Sekolah Lewat Pergub, Ridwan Kamil: Keteladanan Perlu Ditingkatkan
Gubernur Jawa Barat Ridan Kamil saat memimpin apel Paskibra di Lapangan Gasibu Kota Bandung. Foto/Ervan David
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil tengah menyiapkan Peraturan Gubernur (Pergub) terkait kegiatan wajib Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) di sekolah.

Hal itu disampaikan Ridwan Kamil saat menggelar apel Paskbra tingkat Jabar di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Minggu (20/8/2023).

Tampak ribuan anggota Paskibra se-Jabar menjadi peserta upacara di Lapangan Gasibu. Mereka berdiri tegap sepanjang upacara belangsung.

Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil menyampaikan jika jiwa nasionalisme dapat muncul saat menjadi Paskibra.


">

"Saya Paskibra 35 tahun lalu dan juga menjadi pelatih di empat sekolah Kota Bandung, itu yang saya ingat. Semangat mencintai Tanah Air bisa diawali dengan baris berbaris, yang menunjukkan sikap disiplin," kata Kang Emil.

Menurutnya, jika 35 tahun kemudian paskibra yang dimaksudnya tadi menjadi Gubernur Jawa Barat, anggota paskibra hari ini juga bisa menjadi pemimpin sesuai dengan takdirnya.

Momentum ini, kata dia, menjadi peristiwa istimewa untuk menunjukkan kepada bangsa Indonesia bahwa pemuda pemudi siap mengibarkan merah putih, siap membela NKRI.

"Anda semua adalah teladan yang Insya Allah keteladanan ini perlu ditingkatkan di sekolah. Dengan peraturan gubernur, kegiatan Paskibra menjadi wajib di sekolah-sekolah," tutur dia.

Kang Emil juga menambahkan jika 22 tahun mendatang, atau genap 100 tahun Indonesia Merdeka, diprediksi menjadi negara super power nomor empat di dunia.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1503 seconds (0.1#10.140)