Kenang Jadi Paskibra Jabar 35 Tahun Silam, Ridwan Kamil: Bisa Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme!

Selasa, 22 Agustus 2023 - 13:15 WIB
loading...
Kenang Jadi Paskibra Jabar 35 Tahun Silam, Ridwan Kamil: Bisa Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme!
Gubernur Jabar Ridwan Kamil memimpin apel Paskibra di Lapangan Gasibu Kota Bandung. Foto/iNews TV/Ervan David
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membagikan kisahnya menjadi pasukan pengibar bendera (paskibra) 35 tahun silam. Kisah itu disampaikannya saat memberikan sambutan sebagai inspektur upacara bendera di Lapangan Gasibu, Kota Bandung.

Saat ini, Pemprov Jabar telah menyiapkan Peraturan Gubernur (Pergub) terkait kegiatan wajib Paskibra di setiap sekolah di Jawa Barat. Pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengatakan, jiwa nasionalisme dapat muncul saat menjadi Paskibra.

Oleh karena itu, memungkinkan jika para peserta Paskibra tahun ini berpeluang menjadi Gubernur Jawa Baratpada masa mendatang. Kang Emil juga membagikan kisah dirinya saat menjadi Paskibra di sekolahnya 35 tahun silam.



Bahkan dia juga pernah menjadi pelatih Paskibra. ”Saya adalah Paskibra 35 tahun yang lalu, dan juga menjadi pelatih di empat sekolah di seluruh Kota Bandung,” ujar Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Melatih anak-anak SMA, memberi semangat jiwa korsa, mengedukasi nasioalisme. Bahwa semangat mencintai Tanah Air bisa dimulai dari semamagat baris berbaris yang mengandung filosofil disiplin, kejujuran dan lain sebagainya.



Kang Emil mengatakan, 22 tahun mendatang atau genap seratus tahun Indonesia Merdeka, bahwa Indonesia diprediksi menjadi negara superpower nomor empat di dunia. “Di tahun itu kita mengalahkan semua penjajah yang pernah datang ke Nusantara,” tandasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2055 seconds (0.1#10.140)