Bupati Nias Selatan Diminta Bertanggung Jawab Soal Ciuman Massal PNS

Senin, 20 Februari 2017 - 21:03 WIB
Bupati Nias Selatan Diminta Bertanggung Jawab Soal Ciuman Massal PNS
Bupati Nias Selatan Diminta Bertanggung Jawab Soal Ciuman Massal PNS
A A A
NIAS SELATAN - Viralnya foto adegan ciuman sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS Nias Selatan membuat anggota DPR RI dari Nias Selatan bereaksi. Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang juga putra Nias Selatan, Dapil Sumatera Utara II Suasana Dachi meminta Bupati Nias Selatan Hilarius Duha tanggap dan bertanggung jawab.

"Pikiran orang sudah lain-lain terhadap kebudayaan dan adat istiadat di Nias akibat adegan vulgar ASN ini. Akibatnya viral dan menjadi perbincangan di mana-mana. Untuk itu Kepala Daerah Nias Selatan harus bertanggung jawab dan mengklarifikasi kejadian ini," tegasnya saat dihubungi KORAN SINDO MEDAN, Senin (20/2/2017).

Menurutnya, foto vulgar yang telah beredar luas tersebut sangat mengecewakan, karena tidak sesuai dengan adat istiadat dan kebudayaan orang Nias pada umumnya. Apalagi, pelakunya adalah pelayan masyarakat.

"Yang menjadi persoalan sekarang, mereka itu pelayan masyarakat, sudah sepatutnya mereka memberikan contoh yang baik, bukan malah mempertontonkan adegan yang bukan budaya dan adat istiadat orang Nias, ini bukan dugaan lagi," ujar Suasana Dachi.

Diberitakan sebelumnya, aksi ciuman massal yang dilakukan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS di Nias Selatan saat Perayaan Hari Kasih Sayang atau Valentine's Day jadi viral di media sosial. Netizen menilai aksi ciuman di muka umum yang dilakoni sejumlah ASN tersebut telah mencoreng adat istiadat Nias.

Atas viralnya foto aksi ciuman oleh sejumlah ASN lingkup Kabupaten Nias Selatan tersebut, Wakil Bupati Nias Selatan Sozanolo Ndruru mengatakan bahwa dirinya tidak punya urusan dan itu tidak ada kaitannya dengan kepala daerah.

"Apa urusan saya kalau mereka mau peluk-pelukan. Gak tau saya, kalau itu urusan mereka, kepala daerah kok disangkutpautkan," ucap Sozanolo saat dikonfirmasi via telepon seluler, Sabtu (18/2/2017).

Sementara, Plt Sekda Kabupaten Nias Selatan Ikhtiar Duha membenarkan ada perayaan Valentine's Day di lingkungan pemerintah daerah. Namun, dia mengatakan perayaan dilakukan dengan cara pembagian bingkisan bunga.

"Soal foto adegan ciuman ASN pada media sosial Facebook saya belum lihat, tapi memang benar ada acara perayaan Valentine's Day setelah pelaksanan apel pagi di halaman kantor bupati," kata Ikhtiar kepada KORAN SINDO MEDAN.

Menurutnya, Bupati Nias Selatan Hilarius Duha sudah mendengar dan mengetahui soal postingan foto adegan vulgar ASN tersebut. "Pak Bupati sudah tahu dan beliau berpesan agar saya tidak merespons," pungkasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.1763 seconds (0.1#10.140)