Jelang Lengser, Ridwan Kamil Singgung Para Pemimpin Tak Boleh Gegabah

Senin, 21 Agustus 2023 - 16:52 WIB
loading...
Jelang Lengser, Ridwan Kamil Singgung Para Pemimpin Tak Boleh Gegabah
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil menjadi inspektur upacara dalam Peringatan Hari Kemenkumham 2023 di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Senin (21/8/2023). Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkap 3 prinsip yang harus dipegang teguh seorang pemimpin. Ridwan Kamil mengatakan, prinsip pertama yang harus dijalankan adalah niat menjadi seorang pemimpin harus semata-mata ibadah. Tidak ada hal lain, terlebih untuk mencari pangkat atau jabatan.

"Yang diharapkannya hanya ridho dari Tuhannya," kata Kang Emil saat menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) 2023 di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Senin (21/8/2023).



Selanjutnya atau yang kedua, kata Kang Emil, seorang pemimpin harus ingat dan paham bahwa jabatan yang diembannya hanya sementara. Diawali dengan pelantikan, maka di akhir nanti akan ada pemberhentian.

"Kesementaraan seorang pemimpin tidak boleh gegabah, harus fokus pada sumpah yang disampaikan kepada Tuhan yang maha kuasa," ucapnya.



Prinsip ketiga, menurut Kang Emil, pemimpin harus bisa memberikan manfaat kepada orang banyak. Sebab, baginya, manusia yang paling mulia bukan dilihat dari sebatas materi.

"Manusia yang paling mulia bukan manusia yang paling berkuasa, paling kaya, paling berilmu. Manusia yang paling mulia adalah manusia hidupnya penuh manfaat bagi masyarakat," ujarnya.



Orang nomor satu di Jabar ini kemudian memaparkan berbagai capaian yang ditorehkannya selama memimpin daerah paling padat penduduknya di Indonesia. Sejak 2018, ratusan penghargaan dan prestasi didapat oleh Pemprov Jabar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1052 seconds (0.1#10.140)