Pendakian ke Gunung Arjuno via Kota Batu Ditutup usai Seorang Pendaki Meninggal

Senin, 21 Agustus 2023 - 13:32 WIB
loading...
Pendakian ke Gunung Arjuno via Kota Batu Ditutup usai Seorang Pendaki Meninggal
Proses evakuasi pendaki yang meninggal di Gunung Arjuno. Foto/BPBD Kota Batu
A A A
KOTA BATU - Pendakian ke Gunung Arjuno dipastikan ditutup setelah kematian mahasiswa Universitas Brawijaya (UB). Penutupan pendakian ini dilakukan per hari ini, Senin (21/8/2023) melalui pos pendakian di Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Kepala UPT Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo, Ahmad Wahyudi membenarkan jika per hari ini (21/8/2023) jalur pendakian Gunung Arjuno via Pos Pendakian Sumberbrantas ditutup. Hal ini menyusul tewasnya mahasiswa UB di pos 2 jalur ini.

"Pendakian Gunung Arjuno via Sumberbrantas ditutup untuk sementara. Penutupan sampai waktu yang belum ditentukan," ucap Wahyudi, dikonfirmasi MPI pada Senin (21/8/2023).

Wahyudi mengungkapkan, pendaki yang sudah terlanjur melakukan booking online diberikan dua opsi. Opsi pertama yaitu melakukan penjadwalan ulang, atau opsi kedua dengan melakukan pemindahan jalur pendakian. Sebab hanya jalur pendakian via Pos Pendakian Sumberbrantas yang ditutup.



"Yang pasti seminggu ke depan jalur via Sumberbrantas kita tutup. Kita haru akan melakukan evaluasi minggu depan," jawabnya singkat.

Sebagai informasi, sebelumnya mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Yodeka Kopaba (21) asal Kubu Tapi, Sei Rotan Batu Taba, IV Angkek Agam, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara dilaporkan meninggal dunia pada Minggu kemarin (20/8/2023). Korban mahasiswa UB program studi Agroteknologi Fakultas Pertanian ini meninggal di pos dua pendakian, diduga karena mengalami hipotermia.

Gunung Arjuno Welirang secara administratif terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan. Gunung Arjuno merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Timur, dengan ketinggian mencapai 3.339 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sementara untuk Gunung Welirang, memiliki ketinggian 3.156 mdpl.

Gunung Arjuno, terletak bersebelahan dengan Gunung Welirang, termasuk Gunung Kembar I, dan Gunung Kembar II. Puncak Gunung Arjuno terletak dalam satu punggungan yang sama dengan puncak Gunung Welirang, dan lebih dikenal sebagai kompleks Arjuno-Welirang.

Akses pendakian di gunung setinggi 3.339 Mdpl ini bisa ditempuh melalui empat posko pendakian yakni Tretes di Prigen, Kabupaten Pasuruan, jalur Tambaksari di Purwodadi, Pasuruan, serta jalur Sumberbrantas, di Kota Batu, dan terakhir melalui jalur Lawang, Kabupaten Malang.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1473 seconds (0.1#10.140)