Diskusi Publik, Civitas Ganjar Ajak Anak Muda Melek Politik

Minggu, 20 Agustus 2023 - 09:42 WIB
loading...
Diskusi Publik, Civitas Ganjar Ajak Anak Muda Melek Politik
Relawan Civitas Ganjar menggelar diskusi publik dan rembug anak muda dengan tema Suara Pemuda, Suara Masa Depan: Gen Z dan Milenial Menuju 2024 di Kota Medan, Sabtu (19/8/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
MEDAN - Relawan Civitas Ganjar menggelar diskusi publik dan rembug anak muda dengan tema Suara Pemuda, Suara Masa Depan: Gen Z dan Milenial Menuju 2024 di Kota Medan. Diskusi berjalan lancar dan interaktif.

Para peserta yang didominasi generasi Z dan milenial banyak mengungkapkan kegelisahan, aspirasi, dan pertanyaan-pertanyaan mengenai politik di Indonesia. "Kami menampung aspirasi sampai pertanyaan yang ingin ditanyakan masyarakat sekitar pemilihan presiden ke depan. Khususnya, untuk anak muda, gen-z dan milenial," kata Korwil Civitas Ganjar Berry Sitohang di Kafka Cafe, Kota Medan, Sabtu (19/8/2023).

Dalam kegiatan ini mereka juga dikenalkan dengan sosok pemimpin yang dibutuhkan bangsa dan negara, yakni Ganjar Pranowo. Pengenalan melalui penayangan video berisi profil dan sepak terjangnya menjabat gubernur Jawa Tengah selama dua periode.

Tujuan kegiatan mengedukasi generasi muda tentang politik sekaligus menyadarkan mereka untuk terlibat aktif di dalamnya. "Karena, anak muda ini salah satu (kalangan) pemilih di angka yang dominan. Tetapi banyak yang bersikap apatis terhadap politik," lanjutnya.

Seperti kegiatan-kegiatan yang digelar sebelumnya, diskusi kali ini juga mendapatkan respons positif dari para milenial dan gen Z. Mereka nilai kegiatan ini sangat bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

"Dari beberapa acara termasuk hari ini kami merasakan animo yang luar biasa dari kawan-kawan anak muda. Ternyata, banyak kawan-kawan anak muda ini yang memuji bahkan sampai berkata kenapa dari dulu tidak ada forum seperti ini. Tempat di mana mereka berekspresi sekaligus belajar politik," tuturnya.

Sambutan tersebut menunjukkan kaum muda di Sumatera Utara dan Riau, sangat mendukung Ganjar Pranowo untuk menjadi Presiden 2024. "Semua siap mendukung apalagi melihat sepak terjang dan personanya Pak Ganjar itu sendiri," lanjutnya.

Salah satu peserta Samuel Yoshua Sibarani terkesan dengan Diskusi Publik dan Rembug Anak Muda. Alumni Fakultas Hukum USU ini berharap relawan Civitas Ganjar terus menggelar kegiatan serupa untuk kalangan muda yang lain. "Saya rasa kegiatan ini bisa menambah pemikiran orang muda untuk dapat memilih dan juga ikut politik ke depannya," katanya.

Menurut pengamatannya, selama ini banyak milenial maupun gen Z Kota Medan tidak mengetahui politik dan menyadari pentingnya memilih pemimpin yang baik untuk kemajuan bangsa dan negara ke depannya. Hal ini
diduga memunculkan fenomena golongan putih (golput).

Samuel meyakinkan pemuda di daerahnya sangat terkesan dengan bakal calon presiden Ganjar Pranowo yang merakyat dan memahami permasalahan generasi muda. Lewat relawan, Samuel menyampaikan harapannya untuk Ganjar setelah terpilih menjadi Presiden nanti. "Harapan saya untuk Pak Ganjar dapat lebih memperhatikan anak muda," tuturnya.

Program untuk pemuda itu salah satunya pengembangan bidang olahraga agar dapat meningkatkan prestasi yang mengharumkan Indonesia di mata dunia. "Dalam kegiatan olahraga juga karena anak muda sekarang banyak yang suka olahraga juga," ujarnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9923 seconds (0.1#10.140)