Peringati HUT Ke-78 RI, Mabes Polri dan Polda Jatim Tanam Ribuan Pohon di Surabaya

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 20:50 WIB
loading...
Peringati HUT Ke-78 RI, Mabes Polri dan Polda Jatim Tanam Ribuan Pohon di Surabaya
Mabes Polri dan Polda Jatim menanam ribuan pohon di kompleks Kenjeran Park, Surabaya, Jumat (18/8/2023). Foto/MPI/Masdarul Khoiri
A A A
SURABAYA - Memperingati HUT ke-78 Republik Indonesia (RI), Mabes Polri dan Polda Jatim menanam ribuan pohon di kompleks Kenjeran Park, Surabaya, Jumat (18/8/2023). Penanaman pohon ini sebagai upaya untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan.

Bibit pohon yang ditanam secara serentak di antaranya jenis tabebuya dan pohon bakau untuk menjaga pelestarian lingkungan.



Karodalpers SSDM Polri Brigjen Pol Nurworo Danang didampingi Karo SDM Polda Jatim Kombes Pol Harry Kurniawan menjelaskan, penghijauan itu dilaksanakan serentak di sejumlah wilayah Indonesia.

Kegiatan kali ini adalah bentuk kepedulian Polri dalam upaya menjaga ekosistem.

"Ini adalah bagian dari soft launching dari penanaman pohon secara serentak oleh Polri yang dilakukan di sepuluh Lemdiklat dan juga Polda-Polda jajaran," ujar Danang.

Ada beberapa jenis pohon yang ditanam antara lain, pohon tabebuya untuk pohon keindahan dan pohon bakau yang ditanam di kawasan hutan mangrove untuk kelestarian ekosistem.



Danang menyebutkan, upaya penanaman pohon sejak dini ini adalah untuk menjaga kelestarian alam dan ekosostem.

Khususnya dari dampak pemanasan global akibat perubahan iklim yang anomali dan terjadinya perubahan iklim di beberapa wilayah dan juga kondisi yang diakibatkan fenomena alam kemarau panjang yang terjadi di Indonesia.

"Akibatnya juga berdampak berkurangnya sumber air, berkurangnya pengarian untuk pertanian dan juga berkurangnya sumber air bersih. Yang menyebabkan kekurangan kebutuhan masyarakat sehari-hari. Nah, dampak dari kurangnya air juga berakibat mudah terbakarnya lahan dan hutan di beberapa wilayah di Indonesia," ucapnya.

Dia menambahkan, untuk memaksimalkan penghijauan ini, Polri bekerjasama dengan stakeholder lain di beberapa wilayah pesisir.

"Hal ini tak lain untuk menjaga lingkungan kita asri dan memastikan ketersediaan air bagi masyarakat. Selain di Kenjeran, ada beberapa wilayah yang dilakukan upaya serupa. Kami juga laksanakan di seluruh Polres Jajaran Polda Jatim. Ada 39 Polres jajaran yang kami intruksikan melakukan upaya penghijauan ini," ujar Danang.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2143 seconds (0.1#10.140)