Gelar Seminar, Civitas Ganjar Dorong Mahasiswa dan Alumni Unri Jadi Wirausahawan

Selasa, 15 Agustus 2023 - 12:39 WIB
loading...
Gelar Seminar, Civitas Ganjar Dorong Mahasiswa dan Alumni Unri Jadi Wirausahawan
Relawan Civitas Ganjar menggelar seminar kewirausahaan di Gedung Serbaguna Jelusindo, Jalan Kubangraya, Kota Pekanbaru, Senin (14/8/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
PEKANBARU - Relawan Civitas Ganjar menggelar seminar kewirausahaan di Pekanbaru, Riau. Tujuan kegiatan menciptakan para wirausahawan baru di wilayah Riau, khususnya Kota Pekanbaru.

"Peserta kegiatan yakni mahasiswa dan alumni dari Universitas Riau," kata Korwil Civitas Ganjar Riau Hardi Yuda di Gedung Serbaguna Jelusindo, Jalan Kubangraya, Kota Pekanbaru, Senin (14/8/2023).

Kegiatan kali ini terinspirasi Ganjar Pranowo yang dikenal sangat fokus mengembangkan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) selama menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah. "Tujuannya yaitu seperti yang ada di tema hari ini membentuk jiwa wirausahawan muda untuk Indonesia maju 2034. Mungkin sedikit ada termotivasi dari program Bapak (Ganjar Pranowo)," ujarnya.

Selama ini, generasi muda Riau masih kurang aktif dan inovatif dalam berwirausaha. Akibatnya produk-produk UMKM lokal terancam kalah bersaing dengan produk perusahaan besar.

Melihat kenyataan itu, Civitas Ganjar berkomitmen meningkatkan sektor UMKM melalui kegiatan-kegiatan pelatihan seperti itu. Pada kesempatan itu, para relawan juga menyosialisasikan Ganjar Pranowo sekaligus meminta dukungan dari kepada para peserta yang hadir.

Setelah berkomunikasi dan melihat antusiasme peserta, Hardi optimistis akan mendulang dukungan untuk Ganjar menjadi Presiden Indonesia selanjutnya. "Riau siap untuk memajukan Pak Ganjar pada Pilpres 2024," tandasnya.

Salah seorang peserta seminar kewirausahaan Fahrul Aziz Siregar menilai materi yang disampaikan dalam kegiatan kali ini sangat positif dan bermanfaat. "Di seminar ini kita membahas bagaimana cara menjadi wirausahawan yang muda. Bagaimana caranya mengembangkan bisnis dari modal, bagaimana kita mendapatkan modal dan kita mengembangkannya," katanya.

Fahrul menyimpulkan materi yang disampaikan pemateri lebih banyak membahas aspek teknis dalam membangun usaha baru yang relevan dengan kehidupan kaum muda. Mengutip dari pemaparan pemateri, cara memasarkan produk pada periode awal membangun usaha adalah dengan menawarkannya kepada orang-orang terdekat. "Setelah kita dikenal oleh orang-orang dekat, baru kita besarkan skalanya," kata Fahrul.

Selain mengapresiasi kegiatan ini, Fahrul mewakili para peserta kegiatan kali ini mengungkapkan dukungannya kepada Ganjar menjadi Presiden 2024. Fahrul pun menitipkan harapan untuk Ganjar Pranowo.

"Harapan saya kalau Insyaallah apabila Pak Ganjar sudah terpilih, mudah-mudahan Pak Ganjar melanjutkan apa yang telah dilakukan (sebagai gubernur Jawa Tengah). Seperti biasanya, Bapak mendukung UMKM-UMKM. Agar wirausahawan seperti kami-kami ini lebih termotivasi," tuturnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2119 seconds (0.1#10.140)