Turun ke Lokasi, Komisi V DPR Tangani Banjir Rob Bontang Kuala Kaltim

Senin, 14 Agustus 2023 - 08:01 WIB
loading...
Turun ke Lokasi, Komisi V DPR Tangani Banjir Rob Bontang Kuala Kaltim
Penanganan banjir rob di Kelurahan Bontang Kuala turut menjadi prioritas kunjungan kerja Komisi V DPR RI ke Bontang, Kaltim. Foto/Ist.
A A A
BONTANG - Penanganan banjir rob di Kelurahan Bontang Kuala turut menjadi prioritas kunjungan kerja Komisi V DPR RI ke Bontang, Kalimantan Timur (Kaltim). Anggota Komisi V DPR RI Irwan mengatakan bahwa pihaknya akan memprioritaskan perbaikan infrastruktur di Bontang Kuala dari segi penganggaran guna mendorong percepatan penanganan banjir rob di Bontang Kuala.

“Kenapa saya prioritaskan? karena selain tempat wisata, Bontang Kuala ini juga jadi tempat sejarah lahirnya Kota Bontang. Terus kami kawal sampai terealisasi,” ungkap Irwan usai melakukan kunjungan kerja Komisi V di Bontang, Kalimantan Timur, yang dikutip Senin (14/8/2023).



Irwan menjelaskan, untuk penanganan banjir rob di Bontang Kuala ini perlu kajian yang lebih mendalam mengingat banjir rob tidak bisa dilakukan hanya dengan peningkatan jalan dan pembuatan pagar keliling untuk membendung air masuk.

Sebab banjir yang disebabkan siklus air pasang laut ini akan terus meningkat seiring waktu karena kondisi alam.

“Bukan hanya jalan nasionalnya dan tanggulnya, akan tetapi kita harus melihat limpasan dari air laut, jangan sampai kita tutup tanggul jalan tetapi dari (celah) lain bisa masuk,” terangnya.

Irwan mengatakan, dirinya bersama Komisi V akan memastikan bahwa penanganan banjir rob di Bontang Kuala ini agar bisa segera direalisasikan minimal paling lambat tahun 2024 sudah bisa dilakukan penanganan.



“Ini kebetulan kan mau penetapan APBN di Oktober nanti, jadi kita berjuang bersama-sama,” ujarnya Ketua DPD Partai Demokrat Kaltim ini.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Regional Kaltim Reiza Setiawan menuturkan jika sebelumnya telah menerima hasil review desain pagar keliling pembendung banjir rob agar tak merendam akses masuk Bontang Kuala.

Pihaknya juga menyarankan Pemkot Bontang untuk melakukan penanganan awal dengan cara perbaikan trotoar sisi kanan dan kiri. Tujuannya, agar aktivitas masyarakat tetap berjalan.

“Saran dari kami untuk Pemkot Bontang agar melakukan perbaikan trotoar dulu. Jadi pas air pasang aktivitas masyarakat enggak terhenti,” tandasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1065 seconds (0.1#10.140)