Presiden Jokowi Beli Sapi Upin untuk Kurban di Sultra

Rabu, 29 Juli 2020 - 19:05 WIB
loading...
Presiden Jokowi Beli Sapi Upin untuk Kurban di Sultra
Presiden Jokowi Beli Sapi Upin untuk Kurban di Sultra. Foto/SINDOnews/Asdar Zuu
A A A
KONAWE SELATAN - Suyatno (38), peternak sapi di Desa Lawoila, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), sumringah. Sapi yang dipelihara selama tiga tahun dibeli Presiden Jokowi untuk kurban di Hari Raya Idul Adha.

Sapi yang dibeli presiden merupakan ras simmental diberi nama Upin. Bobotnya satu ton lebih seperti kriteria hewan kurban yang ditentukan istana. Sapi Upin memiliki teman satu kandang, namanya Ipin.

"Mimpi saja tidak pernah, sangat gembira sekali. Saya bersyukur sekali bapak presiden mau beli sapi ini" ungkap Suyatno.

Selama tiga tahun, Suyatno memperlakukan sapi ini dengan baik, mandi pagi, sarapan dan makanan 2 kali sehari.

"Seperti biasa, sarapan pagi, kalo pagi mandi terus makan comboran, ya sudah seperti itu dua kali sehari. Dirawat sudah tiga tahun pas lebaran Idul Adha ini," katanya.

Sapi Upin dan satu kadangnya Ipin, pernah menjadi jawara pada kontes sapi bobot terbesar di Kabupaten Konawe tahun 2017, Upin juara satu dan Ipin juara dua.

Menurut Kabag Keagamaan Biro Kesra Pemprov Sultra Daryodi, bobot sapi ini sudah sesuai arahan istana, dan sapi terbaik di Sultra. (Baca juga: Tangkap Teman Kencan Artis VS, Polisi Sita uang Rp30 Juta)

"Untuk bobot sapinya itu lebih satu ton, sesuai arahan dari istana, harganya 80 juta per ekor," katanya. (Baca juga: Curahan Hati Istri Dijual Suaminya untuk Layani Napsu Tetangga)

Kondisi sapi Upin telah dilaporkan di Istana. Rencananya, akan disembelih saat hari raya Idul Adha di Masjid Al Kautsar Kendari, dan dagingnya akan dibagikan kepada 250 warga.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2058 seconds (0.1#10.140)