7 Fakta Honey Badger, Hewan yang Tidak Kenal Rasa Takut

Senin, 07 Agustus 2023 - 18:44 WIB
loading...
7 Fakta Honey Badger, Hewan yang Tidak Kenal Rasa Takut
Honey Badger dikenal sebagai hewan yang tidak memiliki rasa takut terhadap predator lainnya. Foto/San Diego Zoo
A A A
JAKARTA - Honey Badger yang biasa dikenal dengan sebutan ratel atau musang madu memiliki sejumlah fakta menarik. Hewan ini mungkin tidak terlalu dikenal dalam dunia satwa liar .

Meski tidak terlalu familiar, Honey Badger dikenal sebagai hewan mamalia berukuran kecil yang cukup pemberani. Satwa asal Afrika ini dikenal sebagai hewan yang tidak takut terhadap predator yang lebih besar dari tubuhnya.

Dilansir dari berbagai sumber, SINDOnews telah merangkum fakta Honey Badger sebagai berikut.

Fakta Menarik Honey Badger

1. Tubuh Kebal Terhadap Racun

Honey Badger adalah hewan yang memiliki nama latin Mellivora Capensis yang tinggal di Tanjung Harapan di Afrika Selatan. Hewan ini juga dapat ditemukan di kawasan Timur Tengah dan India.



Honey Badger memiliki kekebalan tubuh yang luar biasa dan kebal terhadap racun binatang lainnya. Binatang ini juga memiliki ketahanan terhadap sengatan kalajengking hingga racun ular kobra.

2. Satwa Nokturnal yang Soliter

Honey Badger merupakan satwa nokturnal yang aktif mencari makanan di malam hari. Mereka merupakan hewan soliter dan cenderung menjalani hidup sendirian kecuali saat mencari pasangan atau ketika mengasuh anak-anak mereka.

Mereka membuat sarang di gua, tumpukan batu atau lubang bekas hewan lain untuk beristirahat dan melindungi diri dari ancaman.

3. Ahli dalam Hal Menggali

Honey Badger memiliki cakar dan kaki belakang yang kuat untuk membantu menggali atau menyusup ke sarang hewan lain. Ini dilakukan untuk mencari makan. Tak heran jika hewan ini terbilang ahli dalam hal menggali.

Mereka sering mengunjungi sarang burung dan mangsa lainnya termasuk tikus, ular hingga sarang lebah madu. Hal ini yang menjadikan hewan ini dijuluki “Honey Badger” karena kemampuannya mencuri madu dari sarang lebah tanpa takut disengat oleh ribuan lebah.


4. Satwa Cerdas

Sebagai hewan pemberani, Honey Badger dikenal sebagai satwa yang cerdas dan mudah beradaptasi dengan lingkungan di sekitarnya.

Mereka bisa memecahkan masalah untuk mendapatkan makanan dan bertahan hidup di lingkungan yang beragam. Selain itu daya ingat Honey Badger juga cukup baik mudah mengingat lokasi sumber makanan yang pernah ditemukan sebelumnya.

5. Tidak Takut Predator Besar

Fakta paling mengesankan tentang Honey Badger adalah keberanian dan ketangguhannya ketika menghadapi predator yang ukuran tubuhnya jauh lebih besar.

Meskipun berukuran kecil, Honey Badger tidak ragu-ragu untuk menghadapi singa, hyena bahkan hingga manusia meski dalam kondisi terancam.

Honey Badger memiliki gigitan yang kuat dan cakar yang tajam, serta kemampuan untuk menyerang dengan cepat, membuatnya sulit ditaklukan oleh musuh-musuhnya.

6. Honey Badger Pemakan Segala

Honey Badger termasuk ke dalam kategori hewan omnivora yang akan memakan segala yang ada di alam.

Honey Badger juga bisa memakan hewan mamalia lain, selain itu mereka juga akan memakan burung, reptil, serangga, larva, tumbuhan, buah, telur dan akar tumbuhan dan sangat menyukai madu.

7. Bisa Mengeluarkan Bau Busuk

Honey Badger memiliki kelenjar di pangkal ekornya yang berisi cairan berbau busuk. Umumnya, cairan bau busuknya ini digunakan untuk menandai wilayah dan menakuti hewan lain untuk segera menjauh dari sarangnya. Tak jarang hewan ini memberikan “bom bau” kepada mangsa saat keadaannya terancam.

Itulah 7 fakta menarik tentang Honey Badger yang dikenal sebagai hewan yang tidak kenal rasa takut. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)