Srikandi Ganjar Gelar Pertunjukan Musik Calung di Kota Bandung

Minggu, 06 Agustus 2023 - 13:01 WIB
loading...
Srikandi Ganjar Gelar Pertunjukan Musik Calung di Kota Bandung
Relawan Srikandi Ganjar mengadakan pertunjukan seni musik tradisional calung di Kelurahan Cipadung, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, Sabtu (5/8/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BANDUNG - Relawan Srikandi Ganjar mengadakan pertunjukan seni musik tradisional calung di Kota Bandung. Tak hanya musik calung, kegiatan ini juga dimeriahkan tarian tradisional yang ditampilkan para remaja perempuan.

"Hari ini ada penampilan alat musik tradisional yaitu calung. Tujuannya, kami ingin melestarikan budaya ataupun alat musik tradisional dari Jawa Barat, khususnya yaitu alat musik calung," kata Korwil Srikandi Jabar Eva Yuliana di Kelurahan Cipadung, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, Sabtu (5/8/2023).

Penampilan tersebut sekaligus membuka acara, sebelum dilanjutkan dengan penampilan musik tradisional calung yang dibawakan sekelompok pemuda-pemudi setempat. Eva menjelaskan keunikan dan daya tarik dari alat musik calung, mulai dari bahan dasarnya hingga suara yang dihasilkan saat dimainkan bersama-sama oleh satu grup musik.

"Calung itu alat musik tradisional yang terbuat dari bambu yang nantinya itu ada ketukan-ketukan khusus berupa angka-angka. Memang nanti beberapa bagiannya (dari empat calung yang dimainkan) ada ketukan-ketukan tersendiri," tuturnya.

Dalam penampilan kali ini terdapat empat pemain calung yang memainkan dua jenis calung. Masing-masing dua calung penerus dan dua calung melodi.

Keempat pemain calung itu pun memainkan ketukan-ketukan yang berbeda satu sama lain tapi saling melengkapi, sehingga menghasilkan komposisi suara yang harmonis. ”Untuk cara memainkannya (calung), dipukul. Jadi, dimainkannya bersama gong, ada kendang juga, ada kecrek juga, diiringi sama keyboard juga," ujarnya.

Kegiatan yang diikuti sosialisasi Ganjar Pranowo sebagai bacapres 2024 itu mendapatkan respons positif dari warga setempat, khususnya generasi muda. Eva memaknai antusiasme itu sebagai semangat para pemuda untuk melestarikan kesenian tradisional sekaligus mendukung Ganjar Pranowo.

Setelah berkomunikasi dengan warga, Eva mengakui ternyata mereka sudah banyak yang mengenal sosok Ganjar dan prestasinya melalui media sosial. Para relawan pun tidak kesulitan meminta dukungan dan doa restu dari warga untuk Ganjar di Pilpres 2024.

Alasan kaum muda mendukung Ganjar karena dikenal sangat merangkul generasi muda saat menjabat Gubernur Jawa Tengah. "Untuk dukungan (terhadap Ganjar menjadi presiden), positif dari mereka. Dan (warga), sudah mengenal Pak Ganjar lewat sosial media juga, dan sering melihat Pak Ganjar di media sosial itu seperti apa (prestasinya)," kata Eva.

Salah seorang anggota grup musik calung Dewi Riani berharap program pelestarian kesenian tradisional terus dilakukan Ganjar setelah terpilih menjadi Presiden nanti. "Semoga, Bapak Ganjar bisa ikut melestarikan kesenian dan kebudayaan (tradisional) yang ada di Indonesia," katanya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1530 seconds (0.1#10.140)