Santri Ganjar Lampung Ajak Jemaah Majelis Taklim Jaga Ekosistem Laut

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 11:44 WIB
loading...
Santri Ganjar Lampung Ajak Jemaah Majelis Taklim Jaga Ekosistem Laut
Relawan SDG Lampung mengadakan sosialisasi untuk menjaga ekosistem pesisir dan laut di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Kamis (3/8/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
TANGGAMUS - Relawan Santri Dukung Ganjar (SDG) Lampung mengadakan sosialisasi untuk menjaga ekosistem pesisir dan laut di Kabupaten Tanggamus. Kegiatan ini bertujuan menanamkan rasa kepedulian masyarakat terhadap ekosistem laut dan pesisir.

Peserta sosialisasi merupakan para jemaah majelis taklim di daerah sekitar pesisir Desa Kiluan Negeri. "Supaya masyarakat peduli menjaga lingkungan, bahwa laut itu perlu kita jaga kebersihannya," kata Korwil SDG Lampung Yafril Mahesa di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Kamis (3/8/2023).

Dalam sosialisasi itu, para warga diimbau tidak membuang segala jenis limbah ke laut. Tidak menggunakan alat pancing yang berpotensi merusak lingkungan. Juga imbauan agar tidak menangkap hewan laut secara berlebihan.

Loyalis Ganjar Pranowo ini juga mengajak para jemaah bergotong royong membersihkan sampah di area pesisir. Yafril menjelaskan menjaga kebersihan laut dan pesisir adalah tanggung jawab bersama. Terlebih SDG sebagai relawan berbasis santri ini menyatakan bahwa kebersihan merupakan bagian dari keimanan.

Dia berharap dengan pantai dan laut yang bersih, dapat meningkatkan kenyamanan masyarakat pesisir dalam segala aktivitasnya. "Jadi sebagus kita menjaga lingkungan, supaya airnya terjaga, udaranya sehat, dan masyarakat (pesisir) enak menyelesaikan pekerjaan, dan aktivitasnya, baik itu aktivitas indah maupun mengais rezekinya," paparnya.

Dengan terjaganya ekosistem pesisir dan laut, hal ini juga bisa mendorong hadirnya wisatawan. Terutama banyak pesisir di Lampung telah menjadi objek wisata bahari. "Bisa mendorong majunya UMKM-UMKM di pesisir pantai," sebutnya.

Relawan SDG Lampung akan terus menggelar kegiatan bermanfaat lain di wilayah Lampung lainnya "Selain nanti ada doa bersama, kita akan fokus pada kegiatan membantu UMKM masyarakat dan UMKM milik majelis taklim dan ponpes," tandasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1347 seconds (0.1#10.140)