Festival Tungguk Tembakau di Lereng Gunung Merbabu, Ganjar: Ini Bisa jadi Event Wisata Menarik!

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 08:05 WIB
loading...
Festival Tungguk Tembakau di Lereng Gunung Merbabu, Ganjar: Ini Bisa jadi Event Wisata Menarik!
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri Festival Tungguk Tembakau di Desa Senden, Kecamatan Selo, Boyolali. Foto/Ist
A A A
BOYOLALI - Ratusan warga Senden, Kecamatan Selo, Boyolali berkumpul di ladang tembakau. Mengenakan pakaian terbaik, mereka berangkat ke ladang dengan penuh suka cita, panen tembakau segera tiba.

Puluhan remaja putri didandani dengan cantiknya. Mereka menari dengan lenggak-lenggok yang mempesona. Di belakangnya, berjajar penari jathilan, barongan hingga pemain rebana berjalan beriringan dengan para sesepuh desa.



Ratusan warga kemudian berjalan menyusuri jalanan desa yang ada di lereng Gunung Merbabu. Aneka macam gunungan hasil bumi dan olahan makanan juga turut dibawa serta.



Itu adalah gambaran Festival Tungguk Tembakau, tradisi yang telah digelar sejak puluhan tahun di Desa Senden, Kecamatan Selo Boyolali. Tradisi untuk mengawali panen tembakau itu tetap dilestarikan hingga kini.

"Ini prosesi adat Tugguk Tembakau, prosesi untuk mulai panen tembakau. Ini cara bagaimana warga mensyukuri hasil panen dan berharap agar hasil panen tembakau tahun ini bagus," kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang juga hadir dalam festival itu, Kamis (3/8/2023).

Bacapres Partai Perindo Ganjar Pranowo hadir untuk membuka festival Tungguk Tembakau. Ia mengawali festival sebagai orang pertama yang memetik daun tembakau terbaik. Setelah itu, Ganjar juga ikut kirab dengan ratusan warga.



"Acara ini sebenarnya bisa dibuat menjadi event wisata yang luar biasa. Ini prosesi budaya yang sangat bagus dan pasti menarik banyak wisatawan," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3723 seconds (0.1#10.140)