Nasib Bandara Kertajati, 6 Bulan hanya Angkut 7 Penumpang Penerbangan Domestik

Kamis, 03 Agustus 2023 - 11:08 WIB
loading...
Nasib Bandara Kertajati, 6 Bulan hanya Angkut 7 Penumpang Penerbangan Domestik
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka tercatat hanya mengangkut sebanyak 7 orang penumpang penerbangan domestik pada Januari-Juni 2023. Foto/Dok.MPI
A A A
MAJALENGKA - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka tercatat hanya mengangkut sebanyak 7 orang penumpang pesawat penerbangan domestik sepanjang periode Januari-Juni 2023. Jumlah tersebut mengalami penurunan dibanding periode yang sama tahun lalu.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat, BIJB tercatat menjadi bandara besar dengan volume penumpang terendah sepanjang semester pertama 2023. Jumlah penumpang tercatat hanya tujuh orang, turun 30 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 10 orang penumpang.



Jumlah penumpang di BIJB pun jauh di bawah Bandara Husein Sastranegara Bandung yang mencapai 196.969 orang sepanjang semester 1. Kemudian Bandara Nusawiru di Pangandaran 834, dan Bandara Chakrabuwana 129 orang, dan Bandara Wiriadinata nihil.

Total jumlah penumpang melalui lima Bandara di Jawa Barat adalah 197.939 orang, atau naik 14 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.



Lebih dari 90 persen volume penumpang ditopang oleh Bandara Husein Sastranegara Bandung.

"Pada Juni 2023, jumlah penumpang penerbangan domestik yang berangkat melalui angkutan udara komersial dari Jawa Barat sebanyak 42.910 orang, mengalami kenaikan sebesar 13,40 persen bila dibandingkan Mei 2023 yang sebanyak 37.840 orang," kata Kepala BPS Jabar Marsudijono.



Menurut dia, jumlah penumpang penerbangan domestik pada Juni 2023 berasal dari 3 bandara yaitu Bandara Husein Sastranegara, Nusawiru, dan Cakrabhuwana Penggung.

"Sementara untuk Bandara Kertajati dan Bandara Wiriadinata tidak tercatat aktivitas penerbangan domestik selama Juni 2023," ungkapnya.

Diketahui, terdapat lima bandara diamati yang melayani penerbangan sebagai sarana transportasi udara di Provinsi Jawa Barat, yaitu Bandara Husein Sastranegara (Kota Bandung), Bandara Kertajati (Kabupaten Majalengka), Bandara Nusawiru (Kabupaten Pangandaran), Bandara Cakrabhuwana Penggung (Kota Cirebon) dan Bandara Wiriadinata (Kota Tasikmalaya). Semua bandara tersebut melayani penerbangan domestik (dalam negeri).

Sedangkan untuk penerbangan ke luar negeri, dalam musim haji tahun ini, Bandara Kertajati dipakai untuk pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.5019 seconds (0.1#10.140)