Srikandi Ganjar Gelar Pelatihan Mengukir Kayu bagi Milenial di Jepara

Minggu, 30 Juli 2023 - 11:56 WIB
loading...
Srikandi Ganjar Gelar Pelatihan Mengukir Kayu bagi Milenial di Jepara
Relawan Srikandi Ganjar menggelar pelatihan mengukir kayu bertema Wood Engrave bersama puluhan perempuan milenial di di Desa Wonosari, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Sabtu (29/7/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JEPARA - Relawan Srikandi Ganjar terus memberdayakan para perempuan milenial dengan kegiatan bermanfaat agar memiliki bekal di dunia kerja maupun usaha. Kali ini mereka menggelar pelatihan mengukir kayu bertema Wood Engrave bersama puluhan perempuan milenial di Kabupaten Jepara.

Perwakilan Srikandi Ganjar Jateng Izzati Erni mengatakan, Jepara terkenal dengan seni ukir. Para perajin kriya memanfaatkan ukiran khas Jepara untuk dijadikan berbagai macam mebel.

"Kami mengadakan workshop kerajinan tangan mengukir kayu di Kabupaten Jepara. Banyak masyarakat yang fokus di bidang seni ukir yang menghasilkan berbagai macam produk seperti mebel, hiasan dinding, dan lain sebagainya," katanya di Desa Wonosari, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Sabtu (29/7/2023).

Melalui pelatihan mengukir kayu, relawan berusaha menstimulasi para perempuan milenial untuk mengembangkan kreativitas di bidang kerajinan tangan. Pelatihan ini sekaligus memberikan inspirasi bagi para peserta untuk membuka UMKM kriya. "Dengan mengikuti pelatihan ini, mereka nantinya bisa berpeluang membuka usaha kriya di industri kreatif," ujarnya.

Erni juga berharap generasi muda yang nantinya berkecimpung dalam bisnis kriya ini dapat membuka lapangan pekerjaan baru. Legiatan ini terinspirasi sosok bacapres Ganjar Pranowo.

Dalam kegiatan ini, Srikandi Ganjar Jateng dan para peserta mendoakan Ganjar Pranowo agar menjadi Presiden periode 2024-2029. "Kegiatan hari ini terinspirasi dari sosok Pak Ganjar yang men-support UMKM Indonesia, khususnya kebudayaan lokal di Jepara, yaitu seni ukir kayu," jelasnya.

Pelatihan ini disambut baik generasi muda di Jepara. Ada puluhan peserta yang belajar memahat kayu, mulai membuat pola ukiran hingga mengecat. "Teman-teman sangat antusias dari mulai membuat pola hingga finishing. Kami praktik dan lakukan bareng-bareng," ujarnya.

Adinda Nur Liftalina, peserta pelatihan mengatakan kegiatan ini dapat mengasah skill mereka dalam mengukir kayu. "Pemuda-pemudi bisa lebih kreatif dan nantinya bisa jadi perajin kayu. Di sini, kami diajari mengukir, menata, kemudian mencat," ungkapnya.

Setelah mengikuti program ini, perempuan berusia 22 tahun tersebut tertarik menjadi perajin kayu dan mebel. Dengan begitu, lapangan pekerjaan bagi masyarakat Jepara makin terbuka.

Adinda berharap Srikandi Ganjar terus membuat pelatihan yang mendukung kreativitas perempuan milenial di beberapa daerah. "Harapan saya, Srikandi Ganjar lebih maju dan kreatif dalam membuat kegiatan untuk mengajak pemuda-pemudi di Jepara. Dan, semoga Pak Ganjar bisa menjadi pemimpin Indonesia ke depan," ujarnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1156 seconds (0.1#10.140)