Setelah Buahbatu, Pemkot Bandung Bakal Tutup Tiga Ruas Jalan Ini

Rabu, 29 April 2020 - 17:38 WIB
loading...
Setelah Buahbatu, Pemkot Bandung Bakal Tutup Tiga Ruas Jalan Ini
Barier dipasang untuk menutup ruas Jalan Asia Afrika dari perempatan Jalan Tamblong. Foto/SINDOnews/Agus Warsudi
A A A
BANDUNG - Pemkot Bandung berencana menutup sejumlah tuas jalan lain untuk mengoptimalkan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) agar pergerakan warga di Kota Bandung bisa lebih diminimalisir.

Saat ini, Pemkot Bandung bersama Polrestabes Bandung juga telah menutup Jalan Buahbatu dari arah selatan pada waktu-waktu tertentu, seperti pagi hingga siang dan sore hingga malam.

Setelah Jalan Buahbatu, rencananya Jalan Dewi Sartika, Gatot Subroto, dan Asia-Afrika, dari arah simpang lima hingga Jalan Tamblongjuga akan ditutup.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, akan berkoordinasi dengan Polrestabes Bandung dan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung terkait rencana penyekatan sejumlah ruas jalan itu.

"Mudah-mudahan semakin mempersempit pergerakan masyarakat agar tetap diam di rumah," kata Yana dalam siaran pers Pemkot Bandung, Rabu (29/4/2020).

Yana sempat meninjau langsung penutupan Jalan Buahbatu. Cek poin perlu berdekatan dengan putar balik (u-turn). Sehingga, petugas bisa lebih tegas untuk meminta warga yang tidak berkepentingan balik arah.

"Kami lihat secara situasional, minimal di pusat kota kami lock (kunci) dulu. Ketegasan di cek poin juga penting. Tegas tapi humanis kalau memang tidak memenuhi protokol kesehatan WHO," ujar Wakil Wali Kota.

Petugas di cek poin juga akan berjaga selama 24 jam dan memiliki kesamaan aturan. "Saya pikir kalau sif tidak terlalu susah. Karena sekarang dua sif. Saya pikir satu sif lagi mungkin bisa," tutur Yana.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung Kompol Bayu Catur Prabowo mengatakan, rekayasa lalu lintas Jalan Buahbatu merupakan hasil evaluasi selama pelaksaan penerapan PSBB di Kota Bandung.

Selama PSBB, kata Bayu, kendaraan roda dua dan empat di Kota Bandung mulai berkurang sejak diberlakukannya PSBB. Namun dari pengamatan, selama satu pekan pelaksanaan PSBB, masih banyak kendaraan memenuhi jalanan Kota Bandung datang dari daerah penyangga, salah satunya Kabupaten Bandung.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1463 seconds (0.1#10.140)