4 Fakta Gayatri Rajapatni, Politikus Perempuan Ulung di Balik Kejayaan Majapahit

Sabtu, 29 Juli 2023 - 12:05 WIB
loading...
4 Fakta Gayatri Rajapatni, Politikus Perempuan Ulung di Balik Kejayaan Majapahit
Gayatri Rajapatni tak sepopuler seperti Raden Wijaya, Hayam Wuruk hingga Gadjah Mada. Namun dia merupakan perempuan hebat di balik kejayaan Majapahit. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
SOSOK Gayatri Rajapatni mungkin tidak sepopuler tokoh Kerajaan Majapahit seperti Raden Wijaya, Hayam Wuruk hingga Gadjah Mada. Namun, keberadaan Gayatri Rajapatni merupakan perempuan hebat di balik kejayaan Majapahit.

Meski tidak pernah naik ke tampuk kekuasaan tertinggi Majapahit, Gayatri adalah sosok penting di balik kejayaan kerajaannya.



Tak hanya karena statusnya sebagai istri dari Raden Wijaya, namun gagasan dan pemikirannya juga turut membantu perkembangan dan kemajuan Majapahit.

Lantas, siapakah sebenarnya sosok Gayatri Rajapatni in? Untuk mengenalnya lebih jauh, simak sederet faktanya berikut.

Fakta Gayatri Rajapatni

1. Putri Raja Singasari


Melihat latar belakangnya, Gayatri Rajapatni ternyata bukan berasal dari keluarga sembarangan. Dia diketahui sebagai salah satu putri dari penguasa terakhir Kerajaan Singasari, yaitu Kertanegara.

Pada buku “Gayatri Rajapatni: Perempuan di Balik Kejayaan Majapahit” karya Earl Drake, Gayatri disebutkan sebagai putri bungsu Kertanegara. Ayahnya telah terbunuh saat Singasari diserang Kerajaan Kediri pimpinan Jayakatwang.



Mendapati keluarga dan kerajaannya hancur, Gayatri bertekad untuk membangun kembali Singasari. Pada akhirnya, dia bersama dengan Raden Wijaya membangun sebuah tatanan pemerintahan baru di atas sisa kejayaan Kerajaan Singasari.

2. Istri Raden Wijaya

Raden Wijaya menikahi Gayatri saat ditahbiskan sebagai raja pertama Majapahit. Gayatri sendiri dikatakan sepakat menerima pinangan Raden Wijaya saat usianya masih sangat muda, yakni 19 tahun.



Saat itu, Gayatri telah kehilangan orang tuanya pascakeruntuhan Singasari. Menurutnya, sosok suami ideal adalah seseorang yang memiliki kepribadian dan visi kuat seperti ayahandanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2163 seconds (0.1#10.140)