Sosok Dalang Ki Arno Sugito, Ketua Perindo Kalasan yang Jago Mainkan Wayang Kulit

Selasa, 25 Juli 2023 - 12:00 WIB
loading...
Sosok Dalang Ki Arno Sugito, Ketua Perindo Kalasan yang Jago Mainkan Wayang Kulit
Ketua Perindo Kalasan Ki Dalang Arno Sugito. Foto/MPI/Erfan Erlin
A A A
SLEMAN - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Perindo Yogyakarta menggelar pertunjukan wayang kulit di Ponpes Ki Hajar Dewantara, Jaten, Bimomartani, Ngemplak, Sleman Yogyakarta, Senin (24/7/2023).

Mengambil lakon (cerita) Pandawa Ngumpul, dalang Ki Arno Sugito yang juga ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Perindo Kecamatan Kalasan ingin menegaskan jika Perindo siap bersaing dalam kontestasi 2024 mendatang.

Pemilik nama asli Suparno ini menyatakan lakon Pandawa Ngumpul ini menceritakan berkumpulnya para Pandawa setelah sembunyi selama 13 tahun di pengasingan usai kalah dalam sebuah konstestasi.

Kembalinya Pandawa Lima ini menandaskan jika yang dipimpin oleh Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo dan mendukung Bacapres Pemilu 2024 Ganjar Pranowo itu siap untuk bertarung kembali.



”Itu seperti Partai Perindo yang kembali mengumpulkan kekuatan untuk kembali bertarung dalam Pemilu 2024 mendatang,” kata Ki Arno.

Kini personel Partai Perindo diisi dengan pribadi-pribadi yang memiliki berbagai kelebihan. Sehingga Partai Yang ditetapkan KPU bernomor urut 16 pada kertas suara Pemilu 2024 itu yakin mampu menggapai target yang telah disematkan.

Dia bergabung dengan Partai Perindo karena dikenal sebagai partai modern yang peduli rakyat kecil, gigih berjuang untuk penciptaan lapangan kerja dan Indonesia sejahtera. Dia bertekad untuk memenangkan partai Perindo agar masyarakat lebih sejahtera.



”Saya itu menganggap Partai Perindo partai terbuka bagi siapa saja. Tidak memihak pada agama atau golongan tertentu. Cocok dengan pribadi saya,” tambahnya.

Melalui partai yang dikenal sebagai partai modern yang peduli rakyat kecil, gigih berjuang untuk penciptaan lapangan kerja dan Indonesia sejahtera itu, Suparno ingin mengangkat budaya Jawa terutama seni pedalangan lebih maju lagi sehingga lebih eksis kembali.



Dia sendiri merupakan dalang generasi ke lima dalam keluarga Ki Panjang Emas. Bahkan anaknya kini yang duduk di bangku SMP sudah bisa mendalang sejak balita. Dan saat anaknya kelas 5 SD sudah menyabet gelar juara dalang terbaik tingkat nasional.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)