Pemberdayaan Ibu-ibu, Wanita Nelayan Ganjar Latih Bikin Keripik Sukun

Minggu, 23 Juli 2023 - 13:26 WIB
loading...
Pemberdayaan Ibu-ibu, Wanita Nelayan Ganjar Latih Bikin Keripik Sukun
Wanita Nelayan Sadulur Ganjar melatih istri-istri nelayan mengolah sukun menjadi camilan berkualitas di Desa Legokjawa, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Sabtu (22/7/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
PANGANDARAN - Wanita Nelayan Sadulur Ganjar melatih istri-istri nelayan Pangandaran mengolah sukun menjadi sebuah produk camilan berkualitas. Mereka juga membangun rumah produksi keripik sukun untuk menstimulasi kekuatan ekonomi bagi masyarakat.

Sukun merupakan salah satu buah yang populer dan mudah ditemukan. Selain enak, buah yang memiliki nama ilmiah Artocarpus Altilis ini juga kaya akan nutrisi.

"Di kegiatan hari ini tadi Wanita Nelayan Sadulur Ganjar itu melatih ibu-ibu istri nelayan untuk membuat keripik sukun karena di desa Legokjawa banyak sekali yang menanam tanaman sukun," kata Sekretaris Wanita Nelayan Sadulur Ganjar Legokjawa Ai Siti Rohimah di Desa Legokjawa, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Sabtu (22/7/2023).

Rumah produksi itu dilengkapi sejumlah perlengkapan dapur seperti kompor, wajan, alat peniris minyak, dan lainnya. Hal ini diharapkan menjadi pusat produktivitas pembuatan keripik sukun dengan menyerap tenaga kerja ibu-ibu setempat.

Keripik sukun nantinya bakal dibungkus menggunakan desain dan model kemasan yang telah disediakan agar produk ini mampu menarik minat konsumen. Wanita Nelayan Sadulur Ganjar juga menyiapkan ketersediaan pasar untuk memasarkan produk tersebut.

Dia berharap, produk olahan ini bisa menjadi daya tarik bagi para pelancong yang tengah menghabiskan momen liburan dan hasil penjualannya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Mudah-mudahan bisa menambah ekonomi istri-istri nelayan," jelasnya.

Di sela-sela kegiatan, Wanita Nelayan Sadulur Ganjar mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo Presiden 2024. Ganjar disukai lantaran gaya kepemimpinannya yang luwes tetapi tegas dan antikorupsi.

Upaya pemberdayaan kaum ibu demi mendorong perekonomian masyarakat pesisir bukan kali pertama dilakukan. Sebelumnya, mereka telah membangun rumah produksi Keripik Sale di Cipatujah Tasikmalaya, Keripik Kelapa di Madasari dan Muaragatah Pangandaran, Abon Ikan di Wonoharjo Pangandaran, serta Mujair Frozen di Bojongsalawe Pangandaran.

Salah satu peserta, Selly (22) merasa kehadiran Wanita Nelayan Sadulur Ganjar membawa banyak manfaat bagi masyarakat di Legokjawa. "Sangat membantu sih soalnya di sini kan belum ada produksi keripik sukun," imbuhnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0959 seconds (0.1#10.140)