Dukung Kinerja Dewan, Setwan Kendal Gagas Sistem Aplikasi E-Notulen

Sabtu, 22 Juli 2023 - 21:42 WIB
loading...
Dukung Kinerja Dewan, Setwan Kendal Gagas Sistem Aplikasi E-Notulen
Dukung Kinerja Dewan, Setwan Kendal Gagas Sistem Aplikasi E-Notulen. (Foto: DPRD Kendal)
A A A
KENDAL - Berbagai terobosan dilakukan sekretariat DPRD Kabupaten Kendal untuk meningkatkan pelayanan dalam mendukung kinerja para wakil rakyat. Terbaru, Setwan Kendal menggas sistem aplikasi E-Notulen.

Sekretaris DPRD Kendal, Anwar Haryono mengatakan sistem aplikasi E-Notulen atau SIAPNO digagas untuk memaksimalkan pendokumentasian dan pengelolaan rapat-rapat DPRD. Dengan aplikasi ini, katanya, risalah hasil rapat dewan dapat disajikan secara lebih sistematis.

Lebih lanjut disampaikan, gagasan peluncuran aplikasi E-Notulen berangkat dari tingginya intensitas kegiatan rapat dewan. Tuntutan untuk memberikan pelayanan yang cepat dan sistematis terkendala dengan keterbatasan jumlah SDM yang tersedia.

“Aplikasi E-Notulen ini tidak lain sebagai upaya kami untuk meningkatkan pelayanan dalam menunjang tugas dan fungsi DPRD Kendal, terutama dalam pelayanan admistrasi yang lebih efektif, efisien dan sistematis,” ucapnya.

Adapun keunggulan dari aplikasi tersebut, menurut Anwar mampu mencatat secara otomatis setiap pembicaraan dalam rapat, sehingga notulensi yang sebelumnya dikerjakan secara manual dapat disajikan secara lebih sistematis dan tentunya hasilnya bisa dipertanggungjawabkan.

“Selain itu juga mengurangi penggunaan kertas, dan ini tentunya juga lebih ramah lingkungan,” tuturnya.

Aplikasi E-Notulen yang digagas Setwan mendapat apresiasi Ketua DPRD Kendal. Muhammad Makmun mengatakan, penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola pemerintahan telah menjadi keharusan untuk memberikan pelayanan yang lebih efisien.

Menurutnya digitalisasi dalam pelayanan pemerintahan atau e-Government sesuai dengan semangat reformasi birokrasi untuk memberikan pelayanan pemerintahan yang lebih efisien dan sistematis.

“Tentunya gagasan Setwan ini perlu didukung untuk lebih memaksimalkan kerja-kerja DPRD Kendal. Dengan sistem administrasi digital ini, pelayanan DPRD kepada masyarakat pun bisa dilakukan lebih efektif dan efisien,” ujarnya.

Sebagai informasi, sebelumnya Setwan Kendal juga meluncurkan aplikasi Suara Mas untuk memaksimalkan penyerapan aspirasi dari masyarakat. Melalui aplikasi berbasis web ini, masyarakat bisa dengan mudah menyampaikan aspirasinya kepada para wakil rakyat di DPRD Kendal. (Adv)
(bga)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1293 seconds (0.1#10.140)