Cetak Citizen Journalism Cerdas, Ganjar Milenial Gelar Pelatihan Jurnalistik

Sabtu, 22 Juli 2023 - 09:48 WIB
loading...
Cetak Citizen Journalism Cerdas, Ganjar Milenial Gelar Pelatihan Jurnalistik
Relawan GMC menggelar pelatihan jurnalistik bertemakan Mencetak citizen journalism yang siap menghadapi era media 5.0 di Kota Semarang, Jumat (21/7/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
SEMARANG - Ganjar Milenial Center (GMC) menggelar pelatihan jurnalistik bertemakan mencetak citizen journalism yang siap menghadapi era media 5.0 di Kota Semarang. Acara ini untuk memberikan wawasan dalam menghadapi era digitalisasi, yang mana informasi menjadi cepat dan mudah beredar di media massa.

"Tentunya kita membaca dari kondisi hari ini era digitalisasi yang makin hari perkembangannya makin pesat, kami anggap perlu mengadakan pelatihan seperti ini," kata Korwil GMC Jateng Aris Lukmana Putra di Caffe Sudut Kota, Jalan Pekunden Utara, Kota Semarang, Jumat (21/7/2023).

Aris menjelaskan, siapa pun bisa menyampaikan informasi dengan bebas dan gamblang. Maka dari para milenial itu perlu dibekali pengetahuan bagaimana cara membedakan berita yang hoaks dan bukan.

"Untuk mencetak citizen journalism yang cerdas untuk ke depan. Harapan kami dengan acara ini bagaimana teman-teman bisa menyaring mana berita baik dan tidak baik, mana berita yang benar dan tidak benar," lanjutnya.

Adapun pemateri dalam pelatihan tersebut yaitu Suprawy, seorang jurnalis media online. Dalam pemaparannya, Suprawy juga menyampaikan materi tentang dasar-dasar jurnalistik, apa itu 5W 1H, serta bagaimana memilih caption yang padat, jelas, dan singkat namun dikemas semenarik mungkin.

Ketua Penyelenggara acara Anggi Aguslana menyebutkan pelatihan itu bertujuan mengedukasi mana berita yang bersifat faktual (berdasarkan fakta) dan mana yang tergolong opini. "Kegiatan ini cukup lancar dan sangat menarik. Bahwasanya kami sebagai milenial ingin ikut membangun bangsa (lewat pelatihan)," katanya.

Salah seorang peserta bernama Vanessa Moya (21) mengaku sangat senang bisa ikut pelatihan. Apalagi mahasiswa semester akhir itu memang memiliki impian untuk dapat berkecimpung di dunia jurnalis.

"Kalau menurut saya sebagai mahasiswa yang tertarik pada dunia jurnalis, saya sangat senang dengan kegiatan ini. Dan berharap juga ke depannya kegiatan ini akan terus-menerus diadakan. Saya berkeinginan terjun ke dalam dunia jurnalis sebagai wartawan," tandasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1108 seconds (0.1#10.140)