Kenali Bahaya serta Pencegahan Katarak, Mahasiswa dan Keluarga Pasien Ikuti Talkshow di Sukabumi

Rabu, 19 Juli 2023 - 23:31 WIB
loading...
Kenali Bahaya serta Pencegahan Katarak, Mahasiswa dan Keluarga Pasien Ikuti Talkshow di Sukabumi
Mahasiswa dan keluarga pasien penderita katarak mengikuti kegiatan talkshow kesehatan yang diselenggarakan oleh MNC Peduli dan RSI Assyifa Sukabumi. Foto/Dok.MPI
A A A
SUKABUMI - Mahasiswa dan keluarga pasien penderita katarak mengikuti kegiatan talkshow bertajuk “Pencegahan Katarak dan Penanggulangannya” yang diselenggarakan oleh MNC Peduli dan RS Islam (RSI) Assyifa Sukabumi.

Acara yang digelar di Gedung RSI Assyifa pada Selasa (18/7/2023) itu menampilkan sejumlah narasumber, di antaranya yakni dokter spesialis mata RSI Assyifa, dr Reza Mossadeq H, Sp.M dan Head of CSR MNC Group, Tengku Havid yang menjadi perwakilan dari MNC Peduli.



"Penyakit katarak ini ada yang disebabkan oleh faktor usia dan ada juga yang disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan mengkonsumsi alkohol dan merokok, kelebihan sinar UV, mengonsumsi obat-obatan tertentu dalam jangka waktu lama, seperti obat kortikosteroid dan amiodaron, dan penyebab lainnya," ujar dr Reza memaparkan pada awal talkshow berlangsung.



Lebih lanjut dr Reza mengatakan, untuk yang disebabkan oleh faktor usia, katarak tidak bisa dihindari. Dan tidak ada satu obat pun yang bisa menyembuhkan katarak kecuali dilakukan operasi.

Sementara itu salah satu peserta talkshow, Shinta Septiani (19) mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi dirinya dan juga teman-temannya yang sedang kuliah praktek di RSI Assyifa, Sukabumi.

"Yang pasti sangat berguna bagi pengetahuan juga. Kalo tahu penyakit katarak pasti tahu, karena di internet juga banyak informasinya. Namun cara penanggulangannya baru tahu sekarang setelah mengikuti acara talkshow ini," sebut Shinta.

Cegah Peningkatan Jumlah Penderita Katarak, MNC Peduli Gelar Talkshow di RSPBA Lampung

Senada dengan Shinta, mahasiswa lain Tharisa Kaelalita (19) mengatakan, kegiatan ini sudah sangat bagus sekali untuk mahasiswa dan ia berharap ke depannya banyak lagi kegiatan seperti ini dan juga pesertanya lebih banyak lagi dari para mahasiswa kesehatan.

"Apalagi kita dari mahasiswa keperawatan masih banyak bimbingan, jadi acara ini sangat bermanfaat. Karena dalam keperawatan juga kita membuat acara keperawatan bagi pasien. Tadi juga saya bertanya kepada dokter (narasumber) dan saya mendapat jawabannya di sini (acara talkshow). Jadi ini sangat bermanfaat dan bagus sekali," ujar Shinta.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1907 seconds (0.1#10.140)