Tingkatkan Ekonomi, Ganjar Sejati Latih Warga Bikin Kerupuk Banyu Pindang

Rabu, 19 Juli 2023 - 20:30 WIB
loading...
Tingkatkan Ekonomi, Ganjar Sejati Latih Warga Bikin Kerupuk Banyu Pindang
Relawan Ganjar Sejati menggelar pelatihan membuat kerupuk banyu pindang di Desa Wangun Harja, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon, Rabu (19/7/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
CIREBON - Relawan Ganjar Sejati menggelar pelatihan membuat kerupuk banyu pindang di Desa Wangun Harja, Kabupaten Cirebon. Kegiatan ini merupakan bagian dari program sosial untuk memberdayakan masyarakat desa di bidang kuliner dan ekonomi kreatif.

"Pelatihan pembuatan banyu pindang, pelatihan yang olahannya dengan dasarnya dari air pindang," kata Korlap Ganjar Sejati Acung di Desa Wangun Harja, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon, Rabu (19/7/2023).

Menurut dia, kegiatan ini bertujuan melestarikan budaya lokal dan memberikan pelatihan kepada masyarakat dalam mengembangkan usaha kerupuk tradisional. Kerupuk banyu pindang merupakan kerupuk yang terbuat dari tepung, air ikan pindang hingga cita rasa untuk kerupuk.

Kerupuk ini salah satu jenis kerupuk tradisional khas daerah Cirebon yang memiliki cita rasa khas, dan telah menjadi bagian penting dari kuliner tradisional masyarakat setempat. "Tujuannya masyarakat untuk bisa memperoleh (penghasilan) tambahan dari pembuatan kerupuk banyu pindang, juga selain itu menambah keterampilan-keterampilan," ujarnya.

Pada sesi pelatihan, peserta diajarkan tentang pemilihan bahan baku, proses pengolahan, pemotongan sesuai ukuran, pengeringan, serta langkah-langkah menggoreng hingga akhirnya kerupuk dikemas dan siap untuk dijual. Melalui pelatihan ini, para peserta diharapkan mampu menguasai teknik pembuatan kerupuk banyu pindang secara tradisional.

Acung yakin jika Ganjar Pranowo terpilih presiden periode 2024-2029, para pelaku UMKM akan lebih maju dan sejahtera. Banyak masyarakat yang mampu memiliki keterampilan dalam berbagai bidang, termasuk wirausaha.

Acara pelatihan ini berhasil menarik partisipasi puluhan peserta dari berbagai kalangan masyarakat. Dengan antusias, para peserta mengikuti tahapan pembuatan kerupuk banyu pindang. "Acara ini baik, bermanfaat bagi ibu-ibu," tutur Asniri, salah seorang peserta.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0906 seconds (0.1#10.140)