Malam 1 Suro, Pemkab Batang Jamas Tombak Abirawa Bersama 70 Pusaka

Rabu, 19 Juli 2023 - 11:44 WIB
loading...
Malam 1 Suro, Pemkab Batang Jamas Tombak Abirawa Bersama 70 Pusaka
Pekab Batang melakukan penjamasan Pusaka Tombak Abirawa di Pendapa Kabupaten Batang, Selasa (18/7/2023) malam. Foto/Istimewa
A A A
BATANG - Pemerintah Kabupaten Batang melakukan penjamasan Pusaka Tombak Abirawa di Pendapa Kabupaten Batang, Selasa (18/7/2023) malam. Penjamasan dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445.

Sebelum dilakukan penjamasan Pusaka Tombak Abirawa dikirab keliling. Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, pada malam Satu Suro ini menguri-nguri budaya penjamasan Pusaka Tombak Abirawa dan Pagelaran Wayang Kulit.

“Penjamasan berarti memandikan, membersihkan dan merawat sebagai wujud terima kasih menandai karya generasi pendahulu. Budaya penjamasan Pusaka Tombak Abirawa jaringan rasa ikatan batin terhadap sejarah dan makna dibalik benda pusaka,” katanya.



Pemilik benda pusaka sendiri dapat mengingat yang berhasil menciptakan karya seni budaya yang mempunyai nilai leluhur.

“Sehingga, penjamasan pusaka tidak sekedar membersihkan dan merawat benda pusaka saja, tetapi memahami nilai-nilai makna didalam benda pusaka tersebut,” paparnya.

Pelaksana tugas (Plt) Disdikbud Batang Bambang Suryantoro Sudibyo menyampaikan, malam satu suro ini melakukan penjamasan Pusaka Tombak Abirawa dan selain itu menjamas pusaka lainnya pada pagi hari.

“Jadi penjamasan ini membersihkan setiap setahun sekali dengan air kelapa dan bunga melati, pusaka tersebut direndam agar meghilangi minyak dan karat,” terangnya.

Benda pusaka yang dijamas ada 55 tombak, 14 keris dan 1 pedang. Di luar Tombak Abirawa yang disemayamkan di Kantor Pemkab Batang. “Pada kegiatan malam Suro ini dilengkapi dengan Kirab Pusaka Tombak Abirawa yang dibawakan oleh ahli waris,” tandasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2346 seconds (0.1#10.140)