Evakuasi KA Brantas Tabrak Truk di Semarang Rampung 8 Jam, Begini Penampakannya

Rabu, 19 Juli 2023 - 08:47 WIB
loading...
Evakuasi KA Brantas Tabrak Truk di Semarang Rampung 8 Jam, Begini Penampakannya
Petugas gabungan mengevakuasi KA Berantas dan truk di perlintasan sebidang Jalan Madukoro, Kota Semarang, Jawa Tengah. Foto/ANTARA
A A A
SEMARANG - Petugas gabungan berhasil mengevakuasi lokomotif serta rangkaian gandengan trukusai terjadinyatabrakan antara KA Brantas vs truk di perlintasan sebidang Jalan Madukoro, Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (18/7/2023).

Evakuasi membutuhkan waktu selama 8 jam dan selesai pada Rabu (19/7/2023) pagi. Proses evakuasi berlangsung cukup lama, sebab roda lokomotif ada yang anjlok dan harus dinaikkan terlebih dahulu.

Kurang lebih setelah 8 jam berjuang, akhirnya petugas mengevakuasi lokomotif yang mengalami kecelakaan dengan truk. Evakuasi berhasil dilakukan sekitar pukul 04.22 WIB dengan cara didorong lokomotif yang berada di tengah jembatan menggunakan loko lainnya.



Lamanya proses ini tak lepas karena adanya kesulitan. ”Terdapat roda loko yang anjlok atau keluar jalur rel, sehingga harus dinaikkan terlebih dahulu,” kata Ixfan Hendri Wintoko, Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang.

Meski dalam proses evakuasi, namun perjalanan kereta api masih bisa dilakukan. Terbukti sejumlah kereta api masih bisa melintas dengan menggunakan jalur trek di sisi utara.



Setelah proses evakuasi pihak PT KAI akan memeriksa kondisi jembatan untuk memastikan apakah bisa langsung digunakan ataukah harus ada perbaikan.

Saat ini proses membersihkan area kecelakaan di antaranya dengan mengangkut bangkai kabin truk yang hancur/ke tempat lain.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2110 seconds (0.1#10.140)