Kafilah Jawa Tengah Sabet Juara Umum MQKN 2023 di Lamongan

Selasa, 18 Juli 2023 - 09:11 WIB
loading...
Kafilah Jawa Tengah Sabet Juara Umum MQKN 2023 di Lamongan
Dirjen Pendidikan Islam Kemenag M Ali Ramdani menyerahkan piala kepada pendamping Kafilah Jawa Tengah di Pondok Pesantren Sunan Drajat, Lamongan, Jawa Timur, Senin (17/7/2023) malam. Foto/Ist
A A A
LAMONGAN - Kafilah Jawa Tengah berhasil menyabet juara umum dalam ajang Musabaqah Qira'atil Kutub Nasional (MQKN) 2023 yang digelar di Pondok Pesantren, Sunan Drajat, Lamongan, Jawa Timur. Pengumuman itu disampaikan Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Ali Ramdhani pada malam puncak penutupan MQKN 2023, Senin (17/7/2023).

“Dalam ajang MQKN 2023 kafilah Jawa Tengah dinyatakan oleh Dewan Hakim menjadi juara umum dengan perolehan juara 1 sejumlah 21, juara 2 sejumlah 3, juara 3 sejumlah 9 dan juara harapan sejumlah 7,” kata Ali Ramdhani dalam acara penutupan MQKN 2023.

Peringkat berikutnya Kafilah Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Utara, Aceh, Sumatera Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Riau, Lampung, dan Sumatera Selatan.



Adapun Kafilah Ma’had Aly, Dewan Hakim MQKN menetapkan Kafilah Ma’had Aly Mamba’ul Ma’arif Denanyar, Jombang sebagai Juara Umum. Peringkat berikutnya adalah Ma’had Aly Pesantren Al-Munawwaroh, Kota Pekanbaru Riau, dan Ma’had Aly As’adiyah, Sengkang, Wajo, Sulawesi Selatan.

Berdasarkan rekapitulasi yang dilakukan oleh panitia MQKN, terdapat 3 pesantren yang memperoleh Juara terbanyak, yaitu Madrasah Hidayatul Mubtadi’in Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur, Pesantren Raudlatul Ulum, Guyangan, Pati, Jawa Tengah, dan Pesantren Darul Falah Amtsilati, Bangsri, Jepara, Jawa Tengah.



“Berdasarkan data yang kami miliki, santri putra dan putri yang memperoleh Juara 1 berjumlah masing-masing 26. Artinya dalam MKQN tahun ini, antara calon ulama laki-laki dan calon ulama perempuan sama-sama hebatnya,” ungkap Ali Ramdhani.

Acara MQKN ini dihadiri oleh pendamping, pembina dan peserta dari Kafilah Provinsi dan Ma'had Aly sejumlah 2170 orang.

Malam Puncak Penutupan MQKN 2023 yang dihadiri oleh ribuan orang tersebut turut dimeriahkan dengan Shalawat Kerukunan oleh Syubbanul Muslimin dan juga tarian 56 penari
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1089 seconds (0.1#10.140)