Santri Musabaqah Qira’atil Kutub Nasional Belajar Percaya Diri dan Kedalaman Ilmu

Jum'at, 14 Juli 2023 - 21:31 WIB
loading...
Santri Musabaqah Qira’atil Kutub Nasional Belajar Percaya Diri dan Kedalaman Ilmu
Santri peserta MQKN 2023 belajar percaya diri dan kedalaman ilmu saat mengikuti babak penyisihan yang berakhir Jumat (14/7/2023). Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Santri peserta Musabaqah Qira’atil Kutub Nasional (MQKN) 2023 belajar percaya diri dan kedalaman ilmu saat mengikuti babak penyisihan yang berakhir Jumat (14/7/2023).

Selama tiga hari mulai 12-14 Juli peserta menjalani lomba mulai dari tingkat Ula, Ulya, Wustha dan juga Ma’had Aly di Pondok Pesantren Sunan Drajat, Lamongan, Jawa Timur.



Para santri yang menjadi peserta pun sangat terkesan melewati babak penyisihan ini. Mereka umumnya bersyukur karena bisa turut lomba di ajang paling bergengsi di kalangan santri nasional tersebut. Banyak pengalaman berharga yang didapat dari ajang ini.

"Percaya diri ini benar-benar diuji. Dan saya juga berharap nanti saya akan lebih lancar saat maju ke depan, untuk melatih mental saya agar nantinya bisa menyampaikan dan berdakwah di masyarakat dengan baik," kara Muhammad Fajrin, siswa kelas 3 marhalah Ula dari Pesantren Salafiyah, Parabek, Sulawesi Barat ini.

Fajrin mengaku sudah melakukan persiapan intensif selama satu bulan terakhir. Meski demikian, santri marhalah ula ini juga masih gugup sebelum dipanggil untuk tampil.

Sementara di lokasi majelis-majelis marhalah Ulya, tampak para peserta, rekan serta pendamping yang sibuk mempersiapkan penampilan mereka.


Siti Khadijah, santriwati asal Jambi keluar ruangan majelis sembari disambut rekan-rekannya yang menunggu di depan ruangan.

“Saya merasa lega sudah tampil, meskipun sedikit kecewa karena mendapatkan materi yang belum saya pelajari.
Tapi selebihnya alhamdulillah lancar,” terangnya saat ditemui di lokasi majelis, Kamis (13/7/2023).

Siti yang mengikuti cabang lomba tafsir mengatakan, setelah musabaqah ini dirinya akan lebih memperdalam ilmu tafsir. Santriwati yang tengah mengabdi di pesantren Al Baqiyatush Shalihat ini menceritakan kesannya selama mengikuti event ini.

“Di sini saya sangat terkesan dengan para peserta lain. Saya bertemu dengan orang-orang yang sangat pandai dan itu menginspirasi saya untuk belajar lebih giat agar lebih maju lagi,” ujar Siti antusias.

Babak final rencananya akan dilaksanakan pada 16 Juli 2023. Pengumuman pemenang serta penutupan akan dihadiri langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan dimeriahkan dengan shalawat oleh Syubbanul Muslimin pada 17 Juli 2023.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1171 seconds (0.1#10.140)