Kapendam XII/Tpr: Peran Serta Masyarakat adalah Kunci Keberhasilan TMMD

Senin, 27 Juli 2020 - 23:12 WIB
loading...
Kapendam XII/Tpr: Peran Serta Masyarakat adalah Kunci Keberhasilan TMMD
Pengawasan dan evaluasi pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-108 Kodim 1203/Ketapang di Desa Beringin Rayo, Kecamatan Tumbang Titi, Kabupaten Ketapang. Foto SINDOnews
A A A
KETAPANG - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan kegiatan program pemerataan pembangunan yang saat ini lebih mengedepankan untuk membangun wilayah perbatasan, pulau terluar serta daerah terisolir.

Kegiatan yang diprakarsai oleh TNI dan melibatkan berbagai instansi lintas sektoral ini, sangat bergantung pada peran masyarakat untuk ikut ambil bagian agar program ini tepat sasaran sehingga manfaat positif dapat dirasakan secara langsung oleh maayarakat. (Baca:TNI Siap Kelola 165.000 Hektare Lahan Perbatasan untuk Antisipasi Krisis Pangan)

Untuk melihat secara langsung program TMMD ini dilaksanakan secara tepat sasaran dan tepat guna, Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., melaksanakan pengawasan dan evaluasi pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-108 Kodim 1203/Ketapang di Desa Beringin Rayo, Kecamatan Tumbang Titi, Kabupaten Ketapang.

Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., selaku Tim Wasev TMMD Kodam XII/Tpr dalam kesempatan tersebut selain meninjau sasaran TMMD juga mendapatkan pemaparan dari Dansatgas TMMD ke-108, Letkol Kav Jami'an terkait capaian pembangunan yang telah dilaksanakan oleh Satgas TMMD Kodim 1203/Ktp.

Kolonel Aulia Fahmi Dalimunthe, saat di lokasi menjelaskan, peninjauannya tersebut merupakan bagian dari fungsi pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan TMMD Reg ke-108 TA. 2020 oleh Kodim 1203/Ktp. "Saya ingin melihat secara langsung sejauh mana pelaksanaan TMMD Reg ke-108 TA.2020 yang digelar Kodim 1203/Ktp ini berjalan dengan baik serta tapat sasaran," jelasnya kemarin Minggu (26/7).

Menurutnya, selain mengerjakan sasaran fisik yang sedang berjalan, dirinya dengan senantiasa mengingatkan Dansatgas atau Dandim yang melaksanakan program TMMD bahwa metode yang diterapkan adalah metode gotong royong yang di dalamnya diwujudkan dengan partisipasi masyarakat setempat. "Partisipasi masyarakat menjadi salah satu kunci keberhasilan pelaksanaan program TMMD," ujar Aulia.(Baca: Luar Biasa, Istri Prajurit TNI Jadi Kepala Kampung di Perbatasan RI-PNG)

Selain melaksanakan sasaran fisik, TMMD juga melaksanakan sasaran non fisik dalam bentuk sosialisasi rekrutmen prajurit TNI, penyuluhan hukum, wawasan kebangsaan, paham Radikalisme dan sosialisasi Karhutla serta penyuluhan bahaya narkoba serta sosialisasi tentang Covid-19."Hal ini mengandung nilai semangat dan kepedulian masyarakat terhadap proses pembangunan nasional di wilayah, khususnya warga Desa Beringin Rayo agar tergerak untuk membangun desanya setara dengan desa-desa di wilayah lain.

Ia juga berharap kepada masyarakat Beringin Rayo untuk peduli terhadap kegiatan yang sudah dibangun oleh TNI melalui program TMMD Reg ke-108 dan memelihata serta menjaga sarana dan pra sarana untuk kepentingan masyarakat luas. "Kita berharap hasil pembangunan yang sudah dicapai ini akan bertahan lama untuk itu masyarakat harus mempunyai rasa memiliki dan mau memelihara," tuturnya.

Pada akhir peninjauannya, Aulia berpesan agar semangat gotong- royong serta kemanunggalan TNI dengan rakyat selalu dijaga agar setiap permasalahan yang ada di wilayah ini dapat diperoleh solusi terbaik. (Baca: Satgas Pamtas Yonif R 641/Bru Amankan Narkoba di Batas RI-Malaysia )

"Masyarakat tidak boleh merasa takut terhadap TNI, apapun permasalahan warga agar dikomunikasikan dengan aparat TNI terdekat, sehingga kami pun mengetahui kendala yang dihadapi masyarakat, tetap jaga komunikasi yang baik dengan masyarakat karena tanpa peran serta masyarakat, TNI bukan apa-apa, " pungkasnya. (Pendam XII/Tpr)
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1511 seconds (0.1#10.140)