KPU Jatim Siapkan 416 TPS Loksus, Terbanyak di Pesantren

Kamis, 13 Juli 2023 - 10:42 WIB
loading...
KPU Jatim Siapkan 416 TPS Loksus, Terbanyak di Pesantren
KPU Jatim pada Pemilu 2024 mendatang akan menyiapkan 416 Tempat Pemungutan Suara (TPS) Lokasi Khusus (Loksus). Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim pada Pemilu 2024 mendatang akan menyiapkan 416 Tempat Pemungutan Suara (TPS) Lokasi Khusus (Loksus). TPS Loksus tersebut tersebar di sejumlah lokasi seperti pondok pesantren, lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan (rutan).

Komisioner KPU Jatim Divisi data dan Informasi, Nurul Amalia mengatakan, pemilih TPS Loksus ini disediakan bagi mereka yang memiliki hak pilih namun tidak berada di tempat yang bersangkutan menggunakan hak pilihnya.



"Penempatan TPS Loksus ini setelah ada kepastian dari penanggung jawab mereka. Terkait jumlah pemilih dan mereka benar benar berada dan akan menggunakan hak pilihnya di TPS Loksus tersebut," kata Nurul Amalia, Kamis (13/7/2023).

Dia mengungkapkan, TPS Loksus paling banyak tersebar di ponpes. Jumlahnya lebih dari 50 persen dari total jumlah TPS Loksus. Ponpes yang paling banyak lokasi TPS Loksus di antaranya wilayah Mataraman.

Di wilayah ini terdapat dua ponpes besar, yakni Lirboyo di Kediri dan Temboro di Magetan. Kemu dian ponpes di Situbondo, wilayah Tapal Kuda.Ponpes menjadi mendapat TPS Loksus ketika jumlah santrinya lebih dari 100 orang.

"Total pemilih dari kalangan santri sendiri lebih dari 100.000 orang. Di ponpes Lirboyo saja 15.000 pemilih. Kemudian di ponpes Temboro ada sekitar 10.000 santri," imbuh Nurul.



Terkait keberadaan mahasiswa di perguruan tinggi di Jatim, KPU menyatakan sampai saat ini tidak menyediakan TPS Loksus.

Hal ini dikarenakan belum ada kampus yang bisa menberikan data lengkap mahasiswanya yang menjadi pemilih.

"Mahasiswa yang akan menggunakan hak pilihnya, karena berada asrama atau kost, akan diperlakukan sama dengan mereka yang menggunakan pindah pilih," ujar Nurul Amalia.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1731 seconds (0.1#10.140)