Penampakan Jembatan Kawanua di Maluku Tengah Putus Diterjang Banjir

Selasa, 11 Juli 2023 - 11:53 WIB
loading...
Penampakan Jembatan Kawanua di Maluku Tengah Putus Diterjang Banjir
Jembatan Kawanua putus akibat banjir yang menerjang wilayah Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Foto/BPBD Maluku Tengah
A A A
MALUKU TENGAH - Jembatan Kawanua dilaporkan putus akibat banjir yang menerjang wilayah Kabupaten Maluku Tengah , Maluku, Minggu (9/7) malam. Jembatan sepanjang 480 meter ini mengalami kerusakan sekitar 150 meter akibat derasnya terjangan banjir.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Maluku Tengah Abdul Latif Key menjelaskan banjir terjadi usai hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayahnya beberapa hari.

“Sampai saat ini, aktivitas masyarakat masih belum bisa dilakukan di area sungai, baik pengguna transportasi maupun pejalan kaki,” ungkap Abdul Latif dalam keterangan resminya, Selasa (11/7/2023).



Jembatan ini merupakan akses utama warga dari Kecamatan Tehoru di Kabupaten Maluku Tengah menuju Kecamatan Siwalalat di Kabupaten Seram Bagian Timur. Dengan begitu, akses Trans Pulau Seram sementara waktu dapat ditempuh melalui jalur laut.

BPBD Kabupaten Maluku Tengah juga terus berkoordinasi dengan pihak terkait guna melakukan penanganan darurat. Namun kondisi cuaca di lokasi menjadi kendala tersendiri dalam upaya perbaikan jembatan di Kawanua.

Selain itu, jembatan Wai Tonetana di Waipia juga sempat mengalami kerusakan. Kondisi terkini, kerusakan sudah berhasil ditangani oleh Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) dengan melakukan perbaikan di ujung jembatan.



Saat ini lalu lintas transportasi roda dua maupun roda empat sudah dapat melintas secara normal.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB melaporkan banjir juga berdampak pada 56 rumah di Desa Holo Kecamatan Amahai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1119 seconds (0.1#10.140)