5 Fakta Cak Nun, Sosok Budayawan Tanah Air yang Banyak Menginspirasi

Sabtu, 08 Juli 2023 - 10:35 WIB
loading...
5 Fakta Cak Nun, Sosok Budayawan Tanah Air yang Banyak Menginspirasi
Emha Ainun Najib atau biasa dikenal Cak Nun. Foto/SINDOnews
A A A
YOGYAKARTA - Emha Ainun Najib atau biasa dikenal Cak Nun merupakan seorang sastrawan, budayawan, dan penyair yang banyak menginspirasi orang. Dia dikenal sebagai tokoh intelektual Muslim Tanah Air dengan pemikiran yang sangat luas di berbagai bidang.

Baru-baru ini, Cak Nun mengalami sebuah musibah. Emha sebelumnya diketahui telah mengalami pendarahan otak dan dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito Yogyakarta.

Lantas, seperti apakah sosok Cak Nun in? Untuk lebih jelasnya, simak sederet faktanya berikut yang menarik untuk diketahui.

Fakta Cak Nun


1. Keluarga

Cak Nun lahir di Desa Menturo, Sumobito, Jombang, Jawa Timur, pada 27 Mei 1953. Dia diketahui sebagai anak dari pasangan Muhammad Abdul Lathif dan Chalimah.

Cak Nun memiliki nama asli Muhammad Ainun Nadjib dan sering dikenal juga sebagai MH Ainun Nadjib. Seiring waktu, ejaan tersebut diubah menjadi Emha sehingga lebih dikenal dengan namanya sekarang, Emha Ainun Nadjib.

Baca Juga: Sekjen PBNU Gus Ipul Doakan Kesembuhan Cak Nun

Pada kehidupan pribadinya, Cak Nun sempat menikah dengan Neneng Suryaningsih dan memiliki anak laki-laki bernama Sabrang Mowo Damar Panuluh. Namun, hubungan keduanya harus kandas.

Cak Nun menikah kembali bernama Novia Kolopaking. Keduanya diketahui telah menikah pada 1997 silam.

Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai empat orang anak. Masing-masing di antaranya adalah Ainayya Al-Fatihah, Aqiela Fadia Haya, Jembar Tahta Aunillah, dan Anayallah Rampak Mayesha.

2. Latar Belakang Pendidikan

Pada latar belakang pendidikannya, Cak Nun mengawali pendidikan dasar seperti SD sebelum akhirnya melanjutkan di Pondok Pesantren Modern Gontor Ponorogo.

Namun, dalam perjalanan menempuh pendidikan non formal itu tidak bisa terselesaikan karena ada masalah.

Setelah itu, Cak Nun melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP hingga SMA Muhammadiyah I Yogyakarta. Selepas SMA, pendidikannya berlanjut ke Fakultas Ekonomi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Tetapi, jenjang perkuliahannya ini hanya bisa bertahan selama beberapa bulan. Adapun alasannya karena Cak Nun tidak bisa melanjutkannya karena sebuah musibah.

3. Pernah Jadi Wartawan

Pada perjalanan hidupnya, Cak Nun diketahui pernah menekuni dunia jurnalistik dan kepenulisan. Dalam hal ini, dia pernah aktif menjadi seorang wartawan.

Cak Nun sendiri dulunya pernah menjadi bagian dari Harian Masa Kini Yogyakarta sekitar tahun 1970-an.

4. Pernah Memimpin Teater Dinasti

Pada kehidupannya, Cak Nun memiliki minat yang cukup mendalam dalam dunia seni. Sekitar tahun 1975, dia merilis antologi puisi pertamanya yang bertajuk “M” Frustrasi.

Saat itu, perilisan antologi puisinya ini telah ditimbang dengan banyak diskusi bersama berbagai kalangan, termasuk komunitas Malioboro. Tak lama setelahnya, Cak Nun juga menjadi pemimpin Teater Dinasti yang didirikan bersama rekan-rekannya.

5. Memiliki Banyak Karya

Seiring perjalanan hidupnya, Cak Nun juga terus membuat karya-karya yang fenomenal. Selain M' Frustasi, di antaranya adalah ‘Sajak-Sajak Cinta (1978)’, hingga ‘Sajak-Sajak Sepanjang Jalan (1978)’.

Tak hanya itu, Cak Nun juga memiliki banyak karya berupa esai. Sebut saja seperti ‘Sastra yang Membebaskan (1985)’, ‘Dari Pojok Sejarah (1985)’, hingga ‘Tuhan pun Berpuasa (1995)’.

Kemudian, ada juga sederet karya buku seperti ‘Mbah Nun Bertutur; Kalau Kamu Ikan Jangan Ikut Lomba Terbang’, ‘Semesta Emha Ainun Najib’, dan masih banyak lainnya.

Itulah sejumlah fakta terkait Cak Nun, sosok budayawan terkemuka Tanah Air yang banyak menginspirasi orang.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2259 seconds (0.1#10.140)