5 Fakta Cak Nun, Sosok Budayawan Tanah Air yang Banyak Menginspirasi

Sabtu, 08 Juli 2023 - 10:35 WIB
loading...
5 Fakta Cak Nun, Sosok Budayawan Tanah Air yang Banyak Menginspirasi
Emha Ainun Najib atau biasa dikenal Cak Nun. Foto/SINDOnews
A A A
YOGYAKARTA - Emha Ainun Najib atau biasa dikenal Cak Nun merupakan seorang sastrawan, budayawan, dan penyair yang banyak menginspirasi orang. Dia dikenal sebagai tokoh intelektual Muslim Tanah Air dengan pemikiran yang sangat luas di berbagai bidang.

Baru-baru ini, Cak Nun mengalami sebuah musibah. Emha sebelumnya diketahui telah mengalami pendarahan otak dan dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito Yogyakarta.

Lantas, seperti apakah sosok Cak Nun in? Untuk lebih jelasnya, simak sederet faktanya berikut yang menarik untuk diketahui.

Fakta Cak Nun


1. Keluarga

Cak Nun lahir di Desa Menturo, Sumobito, Jombang, Jawa Timur, pada 27 Mei 1953. Dia diketahui sebagai anak dari pasangan Muhammad Abdul Lathif dan Chalimah.

Cak Nun memiliki nama asli Muhammad Ainun Nadjib dan sering dikenal juga sebagai MH Ainun Nadjib. Seiring waktu, ejaan tersebut diubah menjadi Emha sehingga lebih dikenal dengan namanya sekarang, Emha Ainun Nadjib.

Baca Juga: Sekjen PBNU Gus Ipul Doakan Kesembuhan Cak Nun

Pada kehidupan pribadinya, Cak Nun sempat menikah dengan Neneng Suryaningsih dan memiliki anak laki-laki bernama Sabrang Mowo Damar Panuluh. Namun, hubungan keduanya harus kandas.

Cak Nun menikah kembali bernama Novia Kolopaking. Keduanya diketahui telah menikah pada 1997 silam.

Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai empat orang anak. Masing-masing di antaranya adalah Ainayya Al-Fatihah, Aqiela Fadia Haya, Jembar Tahta Aunillah, dan Anayallah Rampak Mayesha.

2. Latar Belakang Pendidikan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1841 seconds (0.1#10.140)