Ridwan Kamil Sebut Kemenag Jabar Bakal Ambil Alih Proses Pendidikan di Ponpes Al-Zaytun

Jum'at, 07 Juli 2023 - 13:04 WIB
loading...
Ridwan Kamil Sebut Kemenag Jabar Bakal Ambil Alih Proses Pendidikan di Ponpes Al-Zaytun
Proses pendidikan di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun yang dipimpin Panji Gumilang akan diambil alih oleh Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Barat. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Proses pendidikan di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun yang dipimpin Panji Gumilang akan diambil alih oleh Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Barat. Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengungkapkan hal itu menyusul keputusan pemerintah yang lebih memilih memberikan pembinaan daripada penutupan Ponpes Al-Zaytun.

"Pesantrennya sendiri akan dibina, itu artinya akan diambil alih oleh Kemenag," ucap Kang Emil, sapaan akrabnya, Jumat (7/7/2023).



Kang Emil mengungkapkan, saat ini, pemerintah tengah menyusun skema pengajaran hingga menyediakan tenaga pengajar yang berkompeten bagi para peserta didik di Ponpes Al-Zaytun.

"Hanya butuh waktu untuk mengurus 7.000-an siswa tidak sesederhana itu kan. Gurunya dari mana, kualifikasinya apa, makanya rentang waktu pembinaan dan pengambilalihan itu selama PPDB sehingga pada saat masuk sekolah itu urusan Al-Zaytun sudah selesai," katanya.



Kang Emil memastikan, polemik di Ponpes Al-Zaytun terus berprogres, baik untuk urusan pidana maupun yang berkaitan dengan dugaan penyimpangan agama.

"Masyarakat mohon tetap kondusif, tindakan pidana sedang berlangsung dengan penyelidikan ke penyidikan dari Polri. Kedua, proses pembekuan rekening aliran mencurigakan sedang berproses oleh PPATK," pinta Kang Emil.



Sebelumnya, Kemenag Jabar bakal melakukan evaluasi kurikulum yang diterapkan pada seluruh ponpes di Jabar. Hal itu merupakan buntut dari polemik di Ponpes Al-Zaytun yang dipimpin Panji Gumilang diduga memberikan ajaran yang menyimpang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1918 seconds (0.1#10.140)