Revitalisasi Keraton Surakarta Dimulai September Tahun Ini

Rabu, 05 Juli 2023 - 10:03 WIB
loading...
Revitalisasi Keraton Surakarta Dimulai September Tahun Ini
Revitalisasi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat atau Keraton Surakarta dipastikan akan terealisasi pada tahun ini dan dimulai September 2023. Foto/Istimewa
A A A
SOLO - Revitalisasi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat atau Keraton Surakarta dipastikan akan terealisasi pada tahun ini. Rencananya, pelaksanaan proyek itu akan dimulai September 2023 secara bertahap dengan pendanaan tahun jamak atau multi years contract.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan proses revitalisasi Keraton Surakarta nantinya bekerja sama dengan pihak ketiga menggunakan sistem kontrak tahun jamak (multi years contract). Proses revitalisasi menggunakan dana APBN dan Hibah UEA.

”Menggunakan APBN dikombinasikan dengan dana hibah UEA. Nanti saja itu ya (pembagian anggaran),” kata Gibran dalam keterangannya, Rabu (5/7/2023).



Pada tahap pertama (September 2023 - Juni 2024) area yang akan direvitalisasi adalah area luar keraton yakni Alun-Alun Lor dan Kidul.

Proses revitalisasi akan dilakukan secara bertahap. ”September-Juni itu luar semua. Dua alun-alun bertahap ya. Baru nanti yang di dalam seperti Panggung Sangga Buana dll,” katanya.

Dikatakan Gibran, pihaknya akan memulai proses lelang tender revitalisasi Keraton Solo minggu depan. ”Minggu depan sudah tender. September-Juni sudah konstruksi, doakan semoga lancar dan secepatnya terealisasi,” bebernya.



Kepala Balai PPW Jateng Kuswara mengatakan, pihaknya telah melaporkan rencana revitalisasi Keraton Solo secara garis besar kepada Gibran. Ia menyebut bahwa pada tahun ini, pihakya masih akan menyempurnakan proses desain.

”Secara garis beras sudah disampaikan ke pak wali dan pak wakil mungkin bisa dikonfirmasi. Tinggal finalisasi dengan cagar budaya (desain),” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1348 seconds (0.1#10.140)