Sosok Muhammad Untung, Kades Sembung yang Bangun Kantor Desa 8 Lantai Ala Zamzam Tower

Senin, 03 Juli 2023 - 09:04 WIB
loading...
Sosok Muhammad Untung, Kades Sembung yang Bangun Kantor Desa 8 Lantai Ala Zamzam Tower
Kantor desa 8 lantai yang tengah dibangun Kades Sambung, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang. Foto: iNews TV/Suryono Sukarno.
A A A
BATANG - Belum genap empat tahun menjabat sebagai Kepala Desa Sembung Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang, Muhammad Untung (63) membangun gedung Desa Sembung setinggi 8 lantai. Pembangunan gedung ini ditaksir mencapai Rp1,5 miliar.

Pria kelahiran Desa Sembung itu bertekad mewujudkan cita-citanya membangun kantor desanya delapan lantai lengkap dengan pendingin udara dan wifi lantaran terinspirasi bangunan pencakar langit di Makkah Arab Saudi yakni Zamzam Tower.

”Selain anggaran pribadi dan swadaya masyarakat maupun donatur. Pembangunan tak menggunakan anggaran pemerintah. Ini akan mejadi ikon, dan satu-satunya kantor desa 8 lantai di Indonesia,” kata Kepala Desa Sambung Muhammad Untung, Senin (3/7/2023).



Menurut pensiunan kepala sekolah SD ini, gedung baru itu, untuk memudahkan pelayanan masyarakat yang berukuran 6 meter kali 6 meter dan memiliki tinggi 35 meter dan akan dilengkapi dengan lift layaknya gedung tinggi pada umumnya.

Sementara lantai delapan atau puncak gedung akan dimanfaatkan sebagai wisata gardu pandang yang akan dilengkapi teropong. Pemerintah Desa Sembung juga sudah membangun beberapa tempat wisata untuk mendukung rintisan desa wisata.



“Insyaallah gedung ini juga bisa untuk wisata bagi masyarakat luas, karena lantai atas kita lengkapi dengan teropong untuk melihat keindahan alam Batang, seperti Obyek Wisata Pagilaran maupun pantai di wilayah Batang,” terangnya.

Untung menegaskan akan menyelesaikan pada akhir tahun ini. Untuk melengkapi sebagai rintisan Desa wisata, ia membangun miniatur Kabah, wisata kuliner khas desa, Alun-Alun di depan kantor desa, serta obyek wisata air lengkap dengan wahana permainannya.

Meski banyak cibiran, hal itu malah menjadi motivasi untuk terus menyelesaikan proyek yang bakal menjadi ikon desa. Dan bahkan akan menjadi yang pertama di Indonesia kantor desa dengan delapan lantai.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1191 seconds (0.1#10.140)