Ganjar Sejati Pelatihan Menyembelih Kurban di Ponpes Salafiyah Subussalaam

Jum'at, 30 Juni 2023 - 16:26 WIB
loading...
Ganjar Sejati Pelatihan Menyembelih Kurban di Ponpes Salafiyah Subussalaam
Relawan Ganjar Sejati menggelar pelatihan penyembelihan hewan kurban di Ponpes Salafiyah Subussalaam, Kelurahan Kujangsari, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung, Jumat (30/6/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BANDUNG - Relawan Ganjar Sejati menggelar pelatihan penyembelihan hewan kurban di Ponpes Salafiyah Subussalaam, Kota Bandung. Para peserta dari berbagai kalangan diajarkan tentang teknik penyembelihan, wawasan mendalam mengenai rukun hingga syarat penyembelihan hewan kurban.

"Adapun rukun penyembelihan yaitu ada pekerjaan menyembelih, harus ada orang yang menyembelih, harus ada hewannya, harus ada alatnya," kata Pengurus Ganjar Sejati Jabar Ustaz Toni Ardi Musthofa di Ponpes Salafiyah Subussalaam, Kelurahan Kujangsari, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung, Jumat (30/6/2023).

Proses penyembelihan hewan kurban harus dilakukan dengan menghadap kiblat, baik penyembelihnya, maupun hewan kurban sembelihannya. Alat harus tajam, membaca doa hingga berselawat kepada Nabi Muhammad SAW.

"Untuk penyembelihan ini bukan perkara yang mudah. Sebetulnya kalau kita dalami dari segi ilmu itu sangat dalam sekali maknanya," ujarnya.

Toni berkomitmen membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan yang mendalam dalam menjalankan penyembelihan heean kurban. Tujuannya adalah agar masyarakat dapat melaksanakan penyembelihan ini dengan benar, menghormati tata cara agama, dan memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap makhluk hidup.

Seorang peserta, Imam menyampaikan terima kasih kepada relawan karena telah mengadakan kegiatan ini.
Dia mendapat pemahaman mendalam tentang pentingnya menumbuhkan sikap rendah hati dan kesabaran dalam menjalankan tugas sebagai penyembelih hewan kurban.

Mereka juga diajarkan tentang nilai-nilai keagamaan yang melandasi ibadah ini, seperti rasa syukur, pengorbanan, dan keikhlasan. Selain pelatihan, relawan Ganjar Sejati juga melaksanakan penyembelihan tiga hewan kurban yang dibagikan kepada masyarakat.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7286 seconds (0.1#10.140)