Ide Usaha, Ganjar Sejati Gelar Pelatihan Barista Kopi di Bandung Barat

Rabu, 28 Juni 2023 - 11:59 WIB
loading...
Ide Usaha, Ganjar Sejati Gelar Pelatihan Barista Kopi di Bandung Barat
Relawan Ganjar Sejati menggelar pelatihan barista kopi di di Rajamandala, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (27/6/2023). Kegiatan ini bisa menjadi peluang usaha bagi peserta. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BANDUNG BARAT - Relawan Ganjar Sejati menggelar pelatihan barista kopi di Rajamandala, Kabupaten Bandung Barat. Pelatihan ini tidak hanya sekadar belajar menghidangkan kopi. Peserta juga mendapat pengetahuan yang mendalam tentang aroma, rasa, dan asal-usul setiap biji yang diolah.

"Kami mengadakan pelatihan barista kopi untuk masyarakat di wilayah Rajamandala. Kami juga memberikan ilmu tentang filosofi serta sejarah kopi, dan juga tentang kekayaan negara kita tentang hal kopi," kata Korlap Ganjar Sejati Jabar Imam Turniman Rajamandala, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (27/6/2023).

Pelatihan diikuti dari berbagai kalangan, termasuk anak muda hingga tua. Mereka diajari cara menyajikan kopi yang baik dan teknik pembuatan minuman kopi yang berkualitas.

Melalui pelatihan itu, diharapkan para peserta mendapatkan pengetahuan dan keterampilan sehingga bisa membuka usaha kopi. Kegiatan ini disambut baik dan antusias masyarakat.

Menurutnya, kegiatan seperti ini memberikan dorongan positif bagi masyarakat. "Harapan dari pelatihan ini kami membangun emosional ke kalangan milenial hingga masyarakat umum untuk senantiasa bangga terhadap calon pemimpin yang cinta masyarakat," ucapnya.

Salah seorang peserta, Hasan (20), mengungkapkan dalam pelatihan ini dia belajar tentang berbagai jenis kopi. Mulai dari proses penanaman dan panen biji kopi hingga teknik penyeduhan yang tepat.

Hasan mengaku merasakan kemajuan yang signifikan dalam mengasah kemampuannya dalam mengolah kopi dengan kualitas tinggi. "Alhamdulillah bisa praktik (membuat) kopi, lebih tahu dalam lagi tentang kopi," ujarnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1062 seconds (0.1#10.140)