Kisah Kesaktian Syekh Muhammad Sholeh, Bisa Berubah Jadi Ayam Jago untuk Mengelabui Musuh

Senin, 26 Juni 2023 - 10:38 WIB
loading...
Kisah Kesaktian Syekh Muhammad Sholeh, Bisa Berubah Jadi Ayam Jago untuk Mengelabui Musuh
Kompleks makam Syekh Muhammad Sholeh bin Abdurrahman, seorang ulama yang memiliki kesaktian bisa berubah jadi ayam jago untuk mengelabuhi musuh. Foto/Ist
A A A
KISAH kesaktian Syekh Muhammad Sholeh bin Abdurrahman dalam menyebarkan agama Islam di seputar Pantai Utara Banten hingga kini melegenda. Sosok ulama ini mampu berubah jadi ayam jago untuk mengelabuhi musuh.

Kesaktian Syekh Muhammad Sholeh diperoleh setelah sebelumnya dengan tekun menjadi santri dan menimba ilmu kepada Sunan Ampel dan Sunan Gunung Jati (Sultan Syarif Hidayatullah) yang menjadi pemimpin Cirebon.



Setelah mendapat ilmu agam dan kanuragan, Syekh Muhammad Sholeh diminta untuk berdakwak sekaligus mencari putra Sunan Gunung Jati yakni Sultan atau Maulana Hasanudin yang pergi ke Banten dan sudah lama tak kembali lagi ke Cirebon.

Saat itu kawasan Banten di berada dalam Kerajaan Pajajaran yang masih beragama Hindu dan dipimpin oleh Prabu Pucuk Ulum dengan pusat pemerintahannya berada di Banten Girang.

Dalam perjalanannya, Syekh Muhammad Sholeh akhirnya berhasil menunaikan tugas dari Sunan Gunung Jati, yakni menemukan Maulana Hasanudin.

Syekh Muhammad Sholeh bertemu dengan Maulana Hasanudin di Gunung Lempuyang di kawasan Kampung Merapit, Desa Ukir Sari, Kecamatan Bojonegara.



Dalam pertemuan itu, Maulana Hasanudin menyatakan menolak untuk segera kembali ke rumahnya di Cirebon dengan alasan ingin mensyiarkan agama Islam di daerah Banten yang saat itu sebagian besar masyarakatnya memeluk agama Hindu.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1480 seconds (0.1#10.140)