Wakil Wali Kota Solo Positif COVID-19, 60 Orang Di-swab Massal

loading...
Wakil Wali Kota Solo Positif COVID-19, 60 Orang Di-swab Massal
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (Rudy) menjalani swab di RS Bung Karno Solo Minggu (26/7/2020) siang karena ada kontak erat dengan Achmad Purnomo yang terkonfirmasi positif Covid-19. Foto: SINDOnews/Ary Wahyu Wibowo
SOLO - Sekitar 60 orang masuk daftar tracking Dinas Kesehatan (Dinkes) setelah Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo terkonfirmasi positif corona virus (COVID-19). Mereka menjalani swab secara PCR guna memastikan apakah tertular atau tidak.

Tracking menyasar keluarga, para pejabat di lingkungan Pemkot Solo, anggota DPRD, hingga sejumlah awak media karena ada kontak langsung dengan Achmad Purnomo sebelum dinyatakan positif COVID-19. “Kami masih inventarisasi lagi di acara beliau (Achmad Purnomo) yang kemarin pernah bersinggungan,” kata Kepala Dinkes Solo Siti Wahyuningsih, Minggu (26/7/2020).

Mereka yang masuk daftar tracking menjalani dua kali swab yang dilaksanakan petugas medis Rumah Sakit Bung Karno (RSBK) Solo. Para pejabat di lingkungan Pemkot Solo di antaranya Wali Kota FX Hadi Rudyatmo (Rudy), Sekda Ahyani dan para anggota DPRD. Hasil swab yang dikirim ke rumah sakit (RS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo kemungkinan besar akan keluar 2-3 hari ke depan untuk kondisi normal.

Untuk keluarga Achmad Purnomo telah menjalani swab pada Jumat kemarin. Penanganan kesehatan Achmad Purnomo yang menjalani karantina mandiri dilaksanakan oleh tim medis RSBK Solo. (Baca juga : Positif COVID-19, Achmad Purnomo: Saya Merasa Sehat Sekali)



Sedangkan swab hasil tracking dilakukan Sabtu dan minggu. Melalui tracking, harapannya dapat memutus mata rantai penyebatan COVID-19.Dirinya berharap tidak ada yang tertular. “Kalau positif maka tracking akan kami perluas,” tandasnya.

Sejak 12 Juni 2020 kemarin, kasus COVID-19 di Kota Solo mengalami lonjakan cukup signifikan. Dari total 237 kasus positif COVID-19 sejauh ini, didominasi oleh tenaga kesehatan (Nakes) rumah sakit.(Baca juga : Istana Batasi Tamu Setelah Wakil Wali Kota Solo Positif Covid-19)
(nun)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top