Pemberdayaan Perempuan, Nelayan Ganjar Ajari Ibu-ibu Bikin Frozen Food

Minggu, 25 Juni 2023 - 13:09 WIB
loading...
Pemberdayaan Perempuan, Nelayan Ganjar Ajari Ibu-ibu Bikin Frozen Food
Wanita Nelayan Sadulur Ganjar menggelar pelatihan membuat frozen food berbahan ikan mujair di Dusun Bojongsalawe, Desa Karangjaladri, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Sabtu (24/6/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
PANGANDARAN - Relawan Wanita Nelayan Sadulur Ganjar menggelar pelatihan membuat frozen food berbahan ikan mujair di Pangandaran. Kegiatan ini untuk mengoptimalkan produksi mujair yang memiliki daya tahan lebih lama dan bernilai jual tinggi.

"Kami di sini memberikan bantuan kepada warga Dusun Bojongsalawe, khususnya kepada ibu-ibu berupa pelatihan membuat ikan mujair frozen food dan pembangunan rumah produksi," kata Koordinator Wanita Nelayan Sadulur Bojongsalawe Yulianti di Dusun Bojongsalawe, Desa Karangjaladri, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Sabtu (24/6/2023).

Diketahui produksi ikan air tawar di wilayah tersebut tergolong melimpah lantaran warga membudidayakan perikanan air tawar lewat tambak. Dengan pelatihan membuat frozen food akan menambah peluang usaha warga demi meningkatkan penghasilan.

Sementara rumah produksi yang digagas Wanita Nelayan Sadulur Ganjar juga diharapkan dapat menjadi pusat produksi frozen food dengan menyerap tenaga kerja warga setempat. Apalagi rumah produksi tersebut telah dilengkapi dengan berbagai peralatan seperti kompor, wajan, timbangan digital, mesin vacuum sealer.

Selain itu, juga disediakan modal dasar dan ribuan kemasan menarik hingga ketersediaan pasar. "Karena di sini mayoritas banyak tambak ikan mujair makanya harga ikan mujair terjangkau. Semoga bisa membantu ekonomi masyarakat khususnya di waktu-waktu panceklik seperti sekarang ini," tandasnya.

Salah satu warga, Rini (31) mengakui, pengolahan ikan air tawar perlu dieksplorasi lebih dalam. Dengan adanya kegiatan ini bisa menjadi penghasilan tambahan para pelaut perempuan dan istri nelayan. "Alhamdulillah bagus dan semoga ibu-ibu nelayan bisa menjadikan ini sebagai usaha baru," katanya.

Dalam momen tersebut, Wanita Nelayan Sadulur Ganjar bersama istri pelaut mengonsolidasikan dukungan terhadap Ganjar Pranowo Presiden 2024. Mereka juga menyatakan akan setia kepada Pancasila, UUD 1945, dan siap menjaga keutuhan NKRI.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.9056 seconds (0.1#10.140)