Tol Cisumdawu Disebut Kunci Ramainya Bandara Kertajati Majalengka

Minggu, 25 Juni 2023 - 10:45 WIB
loading...
Tol Cisumdawu Disebut Kunci Ramainya Bandara Kertajati Majalengka
Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Wahyu Utomo. Foto/MPI/inin nastain
A A A
MAJALENGKA - Keberadaan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) yang menghubungkan Bandung ke Majalengka disebut-sebut akan menjadi kunci dari ramainya aktivitas di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka. Tol Cisumdawu sendiri disebut-sebut akan berfungsi maksimal dalam dekat.



Dalam rangka memastikan kesiapan BIJB menyambut beroperasi penuhnya Cisumdawu, Kementerian Koordinator Bidan Perekonomian melakukan kunjungan ke BIJB, Sabtu (24/6/2023).

"Pertama, saya mau lihat kesiapannya seperti apa. Karena kan sebentar lagi jalan tol itu sudah selesai yah, Cisumdawu. Dulu kan dibilang bahwa ini bisa jalan, kalau jalan tolnya bisa jalan. Kita kan melihat bahwa jalan tol sudah siap, mudah-mudahan bulan depan bisa beroperasi," kata Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Wahyu Utomo.

Dalam kunjungan itu, Wahyu juga ingin memastikan kesiapan BIJB, ketika nantinya Tol Cisumdawu sudah beroperasi penuh. Dengan demikian, setelah pelayanan haji, BIJB juga siap melakukan penerbangan reguler.

"Kemudian kami lihat di sini apa langkah-langkahnya dari temen-temen (Kementerian ) Perhubungan maupun pemerintah provinsi. Tadi sudah disampaikan bahwa menyongsong hal itu, sudah mulai dibuka nih untuk penerbangan haji. Setelah nanti haji selesai, (dilanjutkan ) umrah. Sudah mendapatkan kuota akan menggunakan dari Bandara ini," papar dia.

Sehingga pihaknya ingin mengetahui betul, bahwa nanti jalan tol selesai, bandara selesai programnya adalah untuk haji dan bertahap nanti juga untuk komersial.
"Dan tadi dari temen-temen (Kementerian) Perhubungan menyampaikan akan ada aturan dari Kementerian Perhubungan agar pemanfaatan dari Bandara ini juga bisa lebih ditingkatkan," lanjut Deputi.

Dirut PT BIJB Muhammad Singgih berharap, dari kunjungan tersebut, akan menjadi referensi bagi para investor untuk menanam investasi wilayah sekitar BIJB."Jadi perhatian mereka, sebenarnya ingin menyampaikan bahwa sedemikian banyak potensi untuk investasi di wilayah Kertajati maupun Kertajati Aerocity," jelas dia

Konektivitasnya sudah mulai jalan (Cisumdawu) sebentar lagi, bandaranya juga sudah ada aktivitas yang mulai ramai gitu. "Nah, news yang disampaikannya adalah, kepada para investor silakan melirik Kertajati, Kertajati Aerocity dan bandara," lanjut dia.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2055 seconds (0.1#10.140)