Sejarah dan Asal Usul Nama Indramayu, Daerah Lumbung Padi Nasional dan Kilang Minyak Terbesar

Sabtu, 24 Juni 2023 - 18:32 WIB
loading...
Sejarah dan Asal Usul Nama Indramayu, Daerah Lumbung Padi Nasional dan Kilang Minyak Terbesar
Indramayu merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Indramayu merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat . Daerah ini dikenal sebagai Lumbung Padi Nasional dan tempat berdirinya kilang minyak terbesar di Asia Tenggara.

Setiap daerah di Indonesia tentu memiliki asal usul yang melatarbelakanginya, termasuk Indramayu. Sebelum menjadi wilayah yang terkenal, ternyata Indramayu sendiri telah mengalami sejarah yang panjang.


Sejarah dan Asal Usul Nama Indramayu

Dikutip dari laman resmi pemerintahannya, Kabupaten Indramayu mulanya disebut dengan nama “Darma Ayu” yang didirikan oleh Raden Arya Wiralodra. Adapun mengenai asal usul nama wilayah tersebut diambil lantaran nama wanita pujaan hatinya bernama “Endang Darma Ayu”.

Dalam kisahnya, Raden Wiralodra sendiri berkeinginan untuk membangun suatu negara yang kelak akan diwariskan kepada anak cucunya. Wilayah tersebut harus subur, makmur dan sejahtera rakyatnya.

Raden Wiralodra pun mulai menjalankan misinya itu dengan cara bertapa di perbukitan Melayu di Gunung Sumbing selama tiga tahun. Pertapaan tersebut bertujuan untuk meminta petunjuk daerah mana yang bisa dibuka negara baru.



Di akhir pertapaannya itu, Raden Wiralodra kemudian mendapatkan wangsit untuk pergi merantau ke arah matahari terbenam dan mencari lembah Sungai Cimanuk. Kemudian ia pun berangkat dengan ditemani Ki Tinggil untuk mencari daerah tujuannya itu.

Saat melakukan perjalanan, Raden Wiralodra dan Ki Tinggil pun melewati Sungai Cimanuk hingga berhenti di Sungai Citarum. Mengetahui hal tersebut, mereka pun berbalik ke arah timur hingga sampai di tempat tujuannya.

Setelah sampai di Sungai Cimanuk, Raden Wiralodra dan Ki Tinggil pun membuka pedukuhan serta menetap disana. Saat tengah menetap, Raden Wiralodra pun didatangi seorang wanita cantik jelita bernama Nyi Endang Dharma.

Wanita tersebut terkenal dengan kesaktian dan kecantikannya, sehingga membuat Raden Wiralodra pun tergila-gila padanya. Maka, Raden Wiralodra pun menamai pedukuhan itu dengan nama “Darma Ayu”.

Pada hari Jum'at Kliwon 1 Sura 1577 Tahun Saka, bertepatan dengan 1 Muharram 934 Hijriyah atau 7 Oktober 1527, Dukuh Cimanuk diresmikan menjadi sebuah Negara Dharma Ayu. Bupatinya negara Dharma Ayu pertama adalah Raden Bagus Wiralodra bergelar Arya Wiralodra.

Dengan catatan sejarah tersebut diketahui jika Kabupaten Indramayu didirikan pada tanggal 7 Oktober 1527. Sehingga tanggal tersebut kini diperingati sebagai Hari Jadi Kabupaten Indramayu.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2019 seconds (0.1#10.140)