Bantu Masyarakat, Nelayan Balad Ganjar Bangun Kolam Pemijahan Lele

Jum'at, 23 Juni 2023 - 17:21 WIB
loading...
Bantu Masyarakat, Nelayan Balad Ganjar Bangun Kolam Pemijahan Lele
Relawan Nelayan Balad Ganjar membangun kolam pemijahan lele untuk kelompok nelayan kecil di Dusun Kedungrejo, Desa Wonoharjo, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jumat (23/6/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
PANGANDARAN - Relawan Nelayan Balad Ganjar membangun kolam pemijahan lele untuk kelompok nelayan kecil di Kabupaten Pangandaran. Selain itu, mereka juga memberikan sejumlah bantuan untuk mendukung budi daya lele, mulai dari indukan, bibit lele, hingga beberapa karung pakan.

Bantuan ini agar para nelayan tetap bisa meraih pendapatan meski tengah menghadapi musim panceklik. "Di setiap musim bagi nelayan itu ada yang namanya musim paceklik. Di muslim paceklik itu kami enggak bisa melaut sama sekali," kata Korda Nelayan Balad Pangandaran Eko Komarudin di Dusun Kedungrejo, Desa Wonoharjo, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jumat (23/6/2023).

Eko menjelaskan bantuan kolam pemijahan dan bibit yang diberikan akan dikelola bersama oleh seluruh anggota kelompok nelayan yang ada. "Teknisnya nanti kami kelola bersama-sama, terus hasilnya nanti juga bagi rata. Jadi, akan meningkatkan penghasilan nelayan kecil," tuturnya.

Bantuan dari relawan juga bersifat berkelanjutan. Bila lele yang dibudi daya telah memasuki masa panen, relawan ini akan menggandeng UMKM dalam pengelolaan dan pemasarannya.

"Setelah panen, kami pasarkan dengan membuatnya jadi abon juga. Kami jual ke bakul-bakul dan pedagang setempat," tandasnya.

Eko menuturkan, kegiatan itu digelar karena terinspirasi dari kepemimpinan Ganjar Pranowo di Jawa Tengah. Menurut dia, Ganjar telah mengeluarkan banyak program yang bisa mendorong kesejahteraan nelayan kecil. "Selanjutnya kami akan melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk nelayan kecil di daerah lain," tandasnya.

Dalam kegiatan tersebut, relawan dan warga juga deklarasi mendukung Ganjar Pranowo. Relawan ini berkomitmen terus mengkonsolidasikan dukungan agar Ganjar menang dalam Pilpres 2024.

Dalam deklarasinya, mereka juga menyatakan setia kepada Pancasila, UUD 1945, dan siap menjaga keutuhan NKRI. Relawan Nelayan Balad Ganjar juga menyatakan bahwa pihaknya mendukung regenerasi kepemimpinan nasional secara jujur adil aman dan amanah, guna keberlangsungan cita-cita keutuhan bangsa.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1249 seconds (0.1#10.140)