Mendesa PDTT Minta Apdesi Bersatu

Rabu, 31 Agustus 2016 - 16:06 WIB
Mendesa PDTT Minta Apdesi Bersatu
Mendesa PDTT Minta Apdesi Bersatu
A A A
SOLO - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendesa PDTT) Eko Putro Sandjojo meminta Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) bersatu. Eko berharap kepentingan pribadi dan kelompok tidak membuat wadah perangkat desa tersebut terpecah.

”Apdesi sebagai organisasi yang mewadahi perangkat desa, dengan segala kerendahan hati saya minta untuk bersatu. Jangan sampai kepentingan individu mengorbankan kepentingan organisasi yang ujung-ujungnya mengorbankan kepentingan rakyat,” kata Eko Putro Sandjojo saat memberikan sambutan dalam Munas Apdesi di Solo, Selasa 30 Agustus 2016.

Diketahui Apdesi pecah karena perbedaan pendapat di kalangan pengurus. Saat ini setidaknya ada tiga kepengurusan Apdesi di Indonesia. Munas Apdesi di Solo yang digelar dari 29-31 Agustus 2016 ini diharapkan bisa menjadi titik tolak Apdesi kembali dalam satu wadah.

Eko mengatakan, Apdesi mempunyai peran sangat penting dalam percepatan pembangunan perdesaan. Jika Apdesi kuat dan bersatu maka pemerintah mempunyai partner strategis dalam merealisasikan program-program pembangunan desa. ”Kepala desa dan perangkat desa merupakan ujung tombak terdepan yang berhadapan langsung dengan masyarakat. Jika mereka bersatu, saya yakin program apapun akan terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Sebaliknya jika terpecah-pecah maka Apdesi akan kehilangan nilai strategisnya. Pemerintah akan terbebani jika harus memilih salah satu dari mereka karena khawatir dipandang tidak adil. ”Saya minta bapak-bapak bisa jadi representasi seluruh perangkat desa di Indonesia, supaya kita bila ingin berhubungan dengan bapak-bapak juga merasa plong. Tidak ada beban bahwa ini pilih kasih ke siapa,” tuturnya.

Eko mengungkapkan pembangunan desa tidak akan berhasil jika seluruh stakeholder masih mengedepankan kepentingan ego sektoral. Upaya mengikis perbedaan itu telah dimulai dari tingkat pusat. Kemdesa PDTT menjalin kerja sama dengan berbagai kementerian untuk bersama-sama membangun desa.

”Ada 17 kementerian akan dilibatkan untuk ”menggerebek” membangun desa-desa tersebut. Kita di pemerintahan tidak ada egosektoral program kementerian. Tidak ada lagi. Dalam pembangunan desa, menteri pertanian, koperasi, dan kementerian lainnya mendukung,” ujarnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung upaya mempersatukan Apdesi. Menurutnya, persatuan perangkat desa mempermudah proses pembangunan di perdesaan. ”Sudah saatnya kita bersatu untuk membangun desa bersama-sama,” ujarnya.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9979 seconds (0.1#10.140)