Kisah Nelayan di Ujung Genteng yang Memotivasi Kelompoknya Optimalkan Potensi Laut

Selasa, 20 Juni 2023 - 22:46 WIB
loading...
Kisah Nelayan di Ujung Genteng yang Memotivasi Kelompoknya Optimalkan Potensi Laut
Kang Karya, begitu namanya, seorang nelayan di Ujung Genteng, Sukambumi, Jawa Barat. Dia salah satu dari sekian banyak orang baik yang dipandang hormat karena wawasannya. Foto ist
A A A
SUKABUMI - Kang Karya, begitu namanya, seorang nelayan di Ujung Genteng, Sukambumi, Jawa Barat. Dia salah satu dari sekian banyak orang baik yang dipandang hormat karena wawasannya. Dia pula yang memiliki pengaruh positif bagi eksistensi Aruna di Ujung Genteng.



Kang Karya, sosok yang memecah kebuntuan Aruna. Melalui koneksi yang Aruna miliki, Aruna bertemu dengan Kang Karya, salah seorang nelayan yang memiliki komunitas nelayan di wilayah tersebut kala itu.

“Saya juga ikut terlibat di komunitas nelayan di wilayah sini, terutama nelayan rajungan. Kemudian, pas dengar ada Aruna, saya pikir tidak ada salahnya juga kalau saya ajak teman-teman yang lain untuk bergabung. Toh, gratis juga,” beber Kang Karya mengisahkan awal dirinya bergabung dan mengajak teman-temannya ikut dengan Aruna.

Kang Karya mengakui bahwa profesi nelayan sebagai sesuatu yang menjanjikan. Menurut dia, menjadi nelayan bukan sekadar masalah pekerjaan yang diturunkan dari orang tuanya terdahulu.

Baginya, menjadi nelayan berarti mengelola potensi alam yang dimiliki negeri ini. Karena itu, dirinya terus mendorong generasi muda untuk bangga menjadi nelayan.

“Kalau bisa, sih, generasi muda sekarang juga harus ada kesadaran dan kemauan untuk menjadi nelayan. Di masa akan datang, pasti segala sesuatunya akan menjadi lebih sederhana," ungkapnya.

Lagi, katanya, menjadi nelayan saat ini dan masa mendatang akan mendapat kemudahan. "Sebab, teknologi untuk memudahkan pekerjaan nelayan pasti akan berkembang dengan lebih pesat lagi. Apalagi, kepiting rajungan sekarang juga banyak diminati oleh pasar mancanegara. Belum lagi kalau ada perusahaan perikanan tangkap seperti Aruna," tandasnya.

Kang Karya menilai, Aruna telah memberikan banyak manfaat bagi kehidupan para nelayan di Ujung Genteng. Bukan hanya sekadar program-program edukatif tentang perikanan berkelanjutan atau literasi finansial.

"Aruna juga membantu nelayan Aruna di seluruh Indonesia, termasuk Ujung Genteng, untuk memiliki perahu dan alat tangkap yang ramah lingkungan," akunya.

Tidak hanya itu, Aruna juga telah membantu para nelayan yang tergabung dengan Aruna untuk memperoleh kartu BPJS, sekaligus untuk mengelola tabungan pendapatan bagi para nelayan Aruna.

Kang Karya percaya bahwa dengan adanya perusahaan perikanan yang secara nyata peduli dengan kehidupan para nelayan dan komunitas pesisir seperti Aruna, generasi-generasi muda tentu juga akan terdorong untuk fokus pada upaya mengoptimalkan potensi alam Indonesia.

"Saya mendorong anak saya sendiri, juga anak-anak pesisir pada umumnya, untuk membantu orang tua kalian dalam memanfaatkan potensi laut negara kita. Tidak usah khawatir dan jangan berpikir bahwa menjadi nelayan itu tempatnya orang susah," kata Kang Karya memotivasi generasi muda di tempatnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1233 seconds (0.1#10.140)