Kisah Entis Sutisna Merintis Berdirinya Ponpes Al Zaytun hingga Mundur karena Ada Penyimpangan

Selasa, 20 Juni 2023 - 18:54 WIB
loading...
Kisah Entis Sutisna Merintis Berdirinya Ponpes Al Zaytun hingga Mundur karena Ada Penyimpangan
Entis Sutisna menceritakan bagaimana dulu dia ikut merintis berdirinya Ponpes Al Zaytun hingga mundur karena ada penyimpangan. Foto: MPI/Andrian Supendi
A A A
INDRAMAYU - Entis Sutisna, merupakan orang yang menjadi salah satu saksi hidup awal mula berdirinya Ma'had Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun Indramayu, Jawa Barat.

Walau tidak masuk dalam kepengurusan Ponpes Al Zaytun, namun mantan Pimpinan Negara Islam Indonesia (NII) Jawa Barat itu, turut membantu pendirian Ponpes terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Dia merupakan salah satu orang yang berperan dalam mencari dana untuk membangun Ponpes yang berlokasi di Desa Mekarjaya, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat itu.



Entis mengaku, dia sudah aktif dalam pembangunan Ponpes yang dipimpin Syekh Panji Gumilang sejak tahun 1990 lalu. Kemudian pada tahun 2006, memutuskan keluar karena adanya sejumlah penyimpangan yang menurutnya salah.

Dalam kegiatan Diskusi Kebangsaan yang bertemakan 'Mewaspadai doktrin radikal melalui lembaga pendidikan' di Desa Bugis, Kecamatan Anjatan, Kabupaten Indramayu, Entis Sutisna pun turut diundang menjadi salah satu narasumber pada acara tersebut.



"Saya mulai aktif digerakkan itu mulai tahun 1990 sampai tahun 2006. Saya dulu Pimpinan NII Jawa Barat," ujar dia kepada MNC Portal Indonesia (MPI), Selasa (20/6/2023).

Entis Sutisna menyampaikan, dibalik kemegahan Ponpes Al Zaytun Indramayu, menurutnya berawal dari inisiatif anggota NII untuk membuat lembaga pendidikan dengan tujuan untuk pengkaderan di masa depan.

"Setelah mendapat lahan yang luas, Ponpes Al Zaytun mulai dilakukan pembangunan pada tahun 1998. Selanjutnya pada tahun 1999 mulai diresmikan dan mulai menerima santri baru," ujar dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1320 seconds (0.1#10.140)