Kiai Muda Jatim Gelar Pelatihan Membuat Nata De Leri dari Air Cucian Beras

Selasa, 20 Juni 2023 - 11:41 WIB
loading...
Kiai Muda Jatim Gelar Pelatihan Membuat Nata De Leri dari Air Cucian Beras
Relawan Kiai Muda Jatim menyelenggarakan pelatihan pemanfaatan limbah air cucian beras menjadi nata de leri di Dusun Mojosari, Desa Sumbersari, Kecamatan Megaluh, Jombang, Senin (19/6/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JOMBANG - Relawan Kiai Muda Jatim menyelenggarakan pelatihan pemanfaatan limbah air cucian beras menjadi nata de leri di Jombang. Kegiatan ini untuk mendorong masyarakat agar mandiri secara ekonomi dengan menjadikan limbah harian rumah tangga tersebut menjadi produk yang berkualitas.

"Kami tahu setiap rumah tangga mereka setiap harinya mempunyai limbah air cucian beras dan terbuang sia-sia. Karena begitu banyaknya air limbah alangkah baiknya kami membuat terobosan baru," kata Korwil Kiai Muda Jatim KH Ali Baidlowi di Dusun Mojosari, Desa Sumbersari, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Senin (19/6/2023).

Dia berharap ide usaha ini bisa menjadi bisnis yang menjanjikan sebagai terobosan home industry dengan nilai jual tinggi. Apalagi banyak warga yang kehilangan mata pencahariannya imbas pandemi Covid-19.

"Karena kita ketahui sendiri corona kemarin mengguncang ekonomi Indonesia. Kami membuat terobosan salah satu solusi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat," lanjutnya.

Selain pelatihan, para hadirin juga mengadakan doa bersama untuk kemajuan bangsa dan kemenangan Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024. Kegiatan ini juga sebagai bentuk sosialisasi Ganjar Pranowo jadi capres 2024.

Salah seorang peserta bernama Hafid (39) mengapresiasi pelatihan yang dihelat sukarelawan. Menurut dia, ini merupakan kegiatan positif yang sangat bermanfaat bagi masyarakat agar bisa makin produktif.

"Ini satu kegiatan yang positif karena ini sifatnya untuk manfaat masyarakat. Ke depannya mudah-mudahan bisa berkelanjutan dan bisa menjadi hasil yang produktif," katanya.

Hafid mengaku sangat menginginkan sosok pemimpin yang mengayomi seperti Ganjar. "Harapan kami Pak Ganjar bisa menang. Yang paling penting ketika sudah menang bisa membawa masyarakat umum lebih baik dan bermanfaat untuk nusa dan bangsa," ujarnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1327 seconds (0.1#10.140)