Kementerian PUPR Sebut Aspal Buton Cocok untuk Pembangunan Nasional

Senin, 19 Juni 2023 - 20:31 WIB
loading...
Kementerian PUPR Sebut Aspal Buton Cocok untuk Pembangunan Nasional
Direktur Bintek Jalan dan Jembatan Kementerian PUPR, Yuda Handita Panjiriawan mengunjungi Buton untuk melihat langsung pengolahan aspal. Foto/Ist
A A A
BUTON - Wilayah Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) memiliki sumber daya alam yang melimpah, yakni aspal untuk pengerasan jalan. Pemerintah menyatakan aspal Buton cocok untuk pembangunan nasional.

Menindaklanjuti hal tersebut, Direktur Bintek Jalan dan Jembatan Kementerian PUPR, Yuda Handita Panjiriawan mengunjungi Buton untuk melihat langsung pengolahan aspal. Kunjungan ini merupakan tindak lanjut yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 27 September 2022 lalu.



“Pak menteri sudah memberikan dorongan untuk menggunakan aspal Buton melalui Dirjen Bina Marga, juga penugasan beberapa wilayah untuk menggunakan aspal Buton,” ujar Yuda dikutip Senin (19/6/2023).

Saat ini, lanjutnya, kebutuhan aspal nasional sebesar 112.000 ton, ini akan diambil dari semua supplier yang ada di Indonesia.

Namun di Indonesia baru satu perusahaan yang memproduksi aspal murni yang full bahan baku berasal dari aspal alam buton.

“Satu-satunya produksi aspal Buton murni yang saya tahu baru PT Kartika Prima Abadi di Buton ini,” ujarnya.



Kunjungan kali ini juga sekaligus menepis isu atau anggapan bahwa produk yang dihasilkan menggunakan campuran aspal minyak.

“Bagi kami PUPR menargetkan apa yang sudah ditargetkan agar tercapai makanya dalam kunjungan kali untuk memastikan target itu tercapai,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1366 seconds (0.1#10.140)