100 Pekerja Rentan Desa Langge Resmi Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

Senin, 19 Juni 2023 - 19:08 WIB
loading...
100 Pekerja Rentan Desa Langge Resmi Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan
Pemerintah Desa Langge, Kecamatan Tapa, resmi memberikan perlindungan kepada 100 pekerja rentan di wilayahnya dalam program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) BPJS Ketenagakerjaan.
A A A
SUWAWA - Pemerintah Desa Langge, Kecamatan Tapa, resmi memberikan perlindungan kepada 100 pekerja rentan di wilayahnya dalam program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) BPJS Ketenagakerjaan.

Hal ini ditandai dengan diserahkannya secara simbolis kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan 100 pekerja rentan Desa Langge, oleh Wakil Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli, di halaman rumah Kepala Desa Langge, Senin (19/6/2023).

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Merlan S. Uloli mengatakan pentingnya program BPJS Ketenagakerjaan, karena ketika terjadi risiko kecelakaan kerja, maka seluruh biaya pengobatan medisnya ditanggung sepenuhnya oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Di samping itu, ketika terjadi risiko kecelakaan kerja yang mengakibatkan peserta meninggal dunia atau cacat total, bahkan meninggal dunia karena sebab apapun, selain ahli warisnya akan mendapatkan santunan, dua orang anak dari peserta juga akan diberikan beasiswa dari jenjang TK hingga Perguruan Tinggi.

Olehnya itu, Wabup Merlan mengapresiasi Pemerintah Desa Langge yang sudah melaksanakan program BPJS Ketenagakerjaan untuk melindungi 100 warga pekerja rentan di wilayahnya melalui Dana Desa (DD).

”Terima kasih ayah sudah melaksanakan program ini untuk 100 warga pekerja rentan melalui Dana Desa,” ucapnya.

Orang nomor dua di Kabupaten Bone Bolango ini pun berharap program perlindungan BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja rentan di desa ini, terus diakomodir melalui Dana Desa, sehingga masyarakat yang membutuhkan bantuan ini benar-benar merasa terlindungi.

“Mereka para pekerja rentan ini tidak khawatir dalam melaksanakan pekerjaannya ketika mengalami risiko, karena ahli waris yang ditinggalkan akan diberikan santunan dan anak-anak dibiayai sekolahnya lewat beasiswa BPJS Ketenagakerjaan,” tandas Merlan yang juga Ketua Pimpinan Cabang Muslimat NU Kabupaten Bone Bolango itu.

Sementara itu, dihubungi secara terpisah Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gorontalo Arif Budiman didampingi Kabid Kepesertaan Riyan Umar berharap mudah-mudahan Kabupaten Bone Bolango bisa menjadi contoh nasional dalam penerapan penggunaan Dana Desa untuk program Jamsostek pekerja rentan desa dalam hal penanggulangan kemiskinan ekstrem sesuai amanah Inpres 04 Tahun 2022.

“Kami juga berharap kedepannya akan terus berkolaborasi membangun sinergi bersama dengan pemerintah daerah untuk mewujudkan universal worker coverage yang di dalamnya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat pekerja yang ada di Kabupaten Bone Bolango,” tuturnya.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1089 seconds (0.1#10.140)